EmitenNews.com - Libur panjang pekan ini, menjadi berkah tersendiri bagi kalangan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI). PHRI Daerah Istimewa Yogyakarta menargetkan okupansi atau tingkat hunian hotel di lima kabupaten/kota mencapai 100 persen selama libur sekolah. Libur panjang mulai Kamis (1/6/2023), hingga Minggu (4/6/2023).


"Kami targetkan bisa mencapai 100 persen insya Allah karena sampai sekarang reservasi (pemesanan kamar hotel) terus ada," kata Ketua DPD PHRI DIY Deddy Pranowo Eryono di Yogyakarta, Rabu (31/5/2023).


Berdasarkan laporan sementara anggota PHRI DIY, reservasi hotel untuk tanggal 1 sampai 4 Juni 2023 telah mencapai 85 persen.


Pemesanan kamar tersebut masih didominasi wisatawan Nusantara yang berasal dari DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur dengan kategori pelajar hingga keluarga.


"Didominasi wisatawan pelajar tapi pangsa pasarnya kan berbeda. Pelajar kebanyakan di hotel bintang dua ke bawah, kalau bintang tiga ke atas wisatawan rombongan keluarga dan instansi," kata Deddy Pranowo Eryono. ***