EmitenNews.com—Provident Capital Indonesia terungkap mengoleksi 97.951.900 saham PT Provident Investasi Bersama Tbk (PALM) dalam transaksi yang diduga dilakukan pada Rabu (12/10), berdasar data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) yang dirilis Jumat (14/10).


Perlu perhatikan adalah saat ini sang emiten sedang dalam pemantauan khusus regulator pasar modal indonesia. Hal itu dapat dilihat dari notasi S yang ada pada saham PALM. Notasi ini menunjukkan bahwa perseroan dalam laporan keuangan terakhir menunjukkan tidak ada pendapatan usaha.


Dalam data yang memuat rekap kepemilikan saham dalam jumlah tertentu di atas 5% per 12 Oktober 2022 tersebut, Provident Capital diketahui semula menguasai 3,144 miliar saham PALM atau 44,16 persen, lalu setelah transaksi terjadi penambahan kepemilikan menjadi 3,242 miliar saham atau 45,54 persen.


Jika memakai harga penutupan tanggal 12 Oktober di posisi Rp800/saham, maka transaksi tersebut senilai Rp78,36 miliar.


Data menunjukkan selain Provident Capital, pemilik saham PALM di atas 5% lainnya adalah PT Saratoga Sentra Business (19,88 persen) dan Garibaldi Thohir (12,50%).


Bersesuaian dengan kode emitennya, tadinya PALM adalah PT Provident Agro Tbk yang merupakan perusahaan yang mengelola perkebunan, pemrosesan, hingga perdagangan komoditas sawit melalui anak-anak usahanya. Namun pada Agustus lalu berubah nama menjadi PT Provident Investasi Bersama Tbk dengan bisnis utama sebagai perusahaan investasi.