EmitenNews.com - Penderita diabetes berhati-hatilah. Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito mengungkap komorbid yang paling banyak dialami pasien infeksi virus Corona (Covid-19) bergejala berat hingga kritis adalah diabetes melitus. Kelompok dengan penyakit bawaan itulah, yang juga menjadi faktor risiko terbesar meninggalnya pasien Covid-19. Karena itu, bagi pengidap komorbid yang terpapar Covid-19, wajib menjalani rawat inap.


"Mayoritas kasus positif Covid-19 yang meninggal dikontribusikan oleh komorbid diabetes mellitus dan 15 persen di antaranya bahkan memiliki riwayat komorbid lebih dari satu jenis penyakit," kata Wiku Adisasmito dalam konferensi pers Selasa (15/2/2022).


Data laporan RS online per 13 Februari 2022 itu, selaras dengan salah satu riset terkait risiko fatalitas Covid-19. Intinya, mereka yang memiliki riwayat diabetes dan hipertensi, berisiko tinggi berakhir kritis hingga meninggal dunia saat terpapar Covid-19.


Begitu pula dengan pasien yang memiliki dua komorbid, risiko fatal semakin meningkat. Wiku Adisasmito mengutip hasil studi di salah satu rumah sakit India, lebih dari 90 persen pasien dengan lebih dari dua komorbid, meninggal dunia. Sedangkan pasien dengan hanya satu riwayat komorbid lebih kecil risikonya.


Karena begitu besar risiko yang dihadapi pengidap penyakit bawaan, atau komorbid, Wiku Adisasmito menekankan, jika mereka terpapar Covid-19 wajib dirawat inap. Karena, risiko meninggal sangat tinggi. ***