EmitenNews.com - Perusahaan farmasi PT Pyridam Farma (PYFA) berencana membeli 27.385 lembar saham PT Holi Pharma (HP). Jumlah saham akan diakuisisi tersebut setara 100% dari modal ditempatkan dan disetor dalam HP.

 

Dalam prospektus ringkas disebutkan bahwa Perseroan akan mengakuisisi PT HP bersama dengan afiliasinya yaitu PT Pyfa Sehat Indonesia, untuk memenuhi ketentuan minimum dua pemegang saham di PT Holi Pharma atas 27.385 saham atau setara dengan 100 persen dari modal ditempatkan dan disetor dalam PT Holi Pharma, yang dimiliki oleh Erik Darius Mardiwidyo dan Murtiati.

 

Setelah transaksi itu terjadi maka perseroan akan, secara langsung dan tidak langsung, memiliki 100 persen modal ditempatkan dan disetor PT Holi Pharma setelah penyelesaian Rencana Pengambilalihan. Adapun nilai transaksi adalah sebesar Rp108,56 miliar.

 

"Obyek dari transaksi (pengambilalihan) 27.385 saham HP dengan nilai nominal Rp1.000.000 per lembar saham. Transaksi itu setara dengan 62 persen dari total ekuitas PYFA berdasarkan laporan keuangan 30 Juni 2021," tulis Manajemen PYFA.

 

Sehubungan dengan pelaksanaan Rencana Pengambilalihan, Perseroan dan Para Penjual telah menandatangani Perjanjian Jual Beli dan Pengambilan Bagian Saham tanggal 23 Agustus 2021 sebagaimana diubah dengan Perubahan dan Pernyataan Kembali Perjanjian Jual Beli Saham Bersyarat yang ditandatangani oleh dan antara Perseroan, HP, dan Para Penjual pada tanggal 31 Agustus 2021 (PPJB).

 

Transaksi ini disebut sebagai transaksi material dikarenakan pelaksanaan Transaksi memiliki nilai lebih dari 50 persen ekuitas perseroan, yaitu 62 persen, sehingga pelaksanaan Transaksi juga wajib terlebih dahulu memperoleh persetujuan RUPS sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6(1).d POJK 17/2020.

 

"Setelah Transaksi menjadi efektif, dengan kepemilikan secara langsung dan tidak langsung sebesar 100% pada HP, Perseroan akan memperkuat strategi bisnisnya dan melakukan kapitalisasi secara optimal yang pada akhirnya dapat memberikan nilai tambah kepada pemegang saham Perseroan,"jelas Manajemen PYFA.