EmitenNews.com - PT Aneka Tambang (ANTM) menyedot dana eksplorasi Rp38,90 miliar. Dana tersebut menggelinding untuk eksplorasi edisi Juli-September 2022. Fokus eksplorasi pada komoditas emas, nikel, dan bauksit.


Aktivitas eksplorasi emas dilakukan di Pongkor, Jawa Barat (Jabar). Pada wilayah itu, kegiatan yang dilakukan berupa pemodelan geologi, dan pengeboran. Selanjutnya, eksplorasi nikel di Konawe Utara, dan Pomala, Sulawesi Tenggara, serta Tanjung Buli, Maluku Utara. 


Di Konawe Utara, kegiatan eksplorasi meliputi pemetaan geologi, percontoan core, logging core, pengukuran grid & reukur, pemasangan patok kur, pemboran spasi, dan pemboran twin drill. Lalu, di Pomala juga pemetaan geologi, percontoan core, logging core, pengukuran grid & reukur, pemasangan patok ukur, dan pemboran single tube.


Sementara di Tanjung Buli, kegiatan antara lain pemetaan geologi, percontoan core, logging core, percontoan permukaan, pengukuran lintasan grid, pemasangan patok ukur, pemboran single tube. Dan, terakhir eksplorasi bauksit di Tayan, Kalimantan Barat. Kegiatan berupa pemetaan geologi, pengukuran grid atau polygon, pengukuran GPS geodetik, test pit, logging test pit, percontoan test pit, dan percontoan batuan. (*)