EmitenNews.com- Anak usaha PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT), PT Waskita Tollroad resmi melepas kepemilikan saham pada jalan tol Kanci - Pejagan dan Pejagan - Pemalang. Divestasi dilakukan perusahaan kepada PT Indonesia Investment Authority (INA).


Direktur Utama WSKT, Destiawan Soewardjono mengatakan bahwa aksi korporasi ini dilakukan sebagai upaya nyata manajemen untuk memperbaiki dan menyehatkan kembali perusahaan. Beban keuangan WSKT saat ini dinilai cukup berat dan masih banyaknya proyek yang harus dikerjakan dengan dana yang tidak sedikit.


"Dengan selesainya transaksi ini kami harap bisa membantu Waskita Grup untuk menyelesaikan dan menyehatkan kondisi keuangan," papar Destiawan, Selasa (6/9).


Jalan Tol ruas Kanci-Pejagan memiliki panjang 35 km dan Pejagan-Pemalang sepanjang 57,5 km. Kedua ruas tol tersebut telah beroperasi penuh dan menjadi salah satu ruas utama menuju Jawa Tengah.


Destiawan mengakui ruas tol ini selama ini memberikan pendapatan yang besar bagi Waskita Grup. Lalu lintas harian rata-rata (LHR) saat ini sekitar 60.000 kendaraan, dan diproyeksikan takan meningkat menjadi 110 ribu kendaraan pada 2030.


"Tol ini adalah  backbone Trans Jawa dan sangat baik bagi pendapatan Waskita, tetapi dengan kondisi yang ada dan bisnis Waskita maka ruas tol ini juga baik bagi investor," ujarnya.


Ketua Dewan Direktur INA, Ridha D. M. Wirakusumah, menyambut baik kerjasama antara INA dengan Waskita Grup dalam mendukung pembangunan infrastruktur di Indonesia. Dalam transaksi ini INA mengakui telah menggandeng investor global dari Amerika, Eropa dan Timur Tengah.


"Transaksi ini mudah - mudahan bisa memperbaiki kemakmuran bagi generasi mendatang melalui partisipasi aktif dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia," katanya.