EmitenNews.com - Festival Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2023 menjadi penggerak perekonomian di ibu kota. Demikian pernyataan Ketua DPR RI Puan Maharani usai mengunjungi Jakarta Fair 2023 di JIEXPO, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (18/6/2023) malam. PRJ 2023 diselenggarakan pada 14 Juni-16 Juli 2023.

 

"Senang lihat warga berduyun-duyun ke sini. Event ini akan menjadi penggerak perekonomian. PRJ juga menjadi ajang UMKM untuk menjual produk-produknya," kata Ketua DPR RI Puan Maharani dalam keterangan diterima di Jakarta, Senin (19/6/2023).

 

Puan Maharani mengungkapkan, setiap tahu ribuan orang berkumpul untuk merayakan festival besar yang tidak hanya menghadirkan hiburan, tetapi juga berbagai kesempatan bisnis yang menguntungkan.

 

Tahun 2022, total nilai transaksi di PRJ mencapai Rp7,3 triliun, dengan jumlah pengunjung sebanyak 6,9 juta orang. Selain itu tercatat ada 2.500 peserta dan 1.500 tenant, yang 35 persen dari tenant di tahun 2022 berasal dari UMKM.

 

Dalam kunjungannya, Puan Maharani mendatangi anjungan DKI Jakarta yang berisi karya para pelaku UMKM. Mantan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan itu juga menyempatkan mampir ke kios jajanan jadul American Donut.

 

"Banyak stan yang disediakan khusus bagi UMKM untuk memamerkan produk mereka. Hal ini membantu meningkatkan eksposur dan menjadikan acara ini sebagai platform yang baik bagi pelaku UMKM untuk memperluas pangsa pasar mereka," kata Ketua DPP PDI Perjuangan. ***