EmitenNews.com - Kesuksesan Timnas Indonesia menembus partai final Piala AFF 2020, tentu tidak bisa dilepaskan dari tangan dingin Shin Tae-yong. Pelatih squad Garuda asal Korea Selatan itu, mendapat banyak pujian usai membawa Egy Maulana Vikri dkk menembus partai final kejuaraan yang dulunya bernama Piala Tiger itu. Media Korea Selatan, Hankook Ilbo menyebut Shin Tae-yong memiliki sentuhan magis dalam menangani tim Merah-Putih.


Timnas Indonesia berhasil mencapai final ke-6 Piala AFF setelah mengandaskan Singapura di semifinal yang berlangsung 22 dan 25 Desember 2021. Indonesia menang agregrat 5-3 setelah di leg pertama imbang 1-1 dan leg kedua menang 4-2.


Media Korsel tersebut menyebut Shin Tae-yong telah menghadirkan perkembangan luar biasa, sehingga mampu membawa Egy Maulana Vikri Cs ke  final AFF 2020. Di partai puncak Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Thailand di leg pertama, Rabu (29/12/2021) malam, kemudian leg kedua Sabtu (1/1/2022) malam, di Stadion Nasional Singapura.


Di bawah artikel Shin Tae-yong Magic' (bisa) menulis sejarah baru dalam sepak bola Indonesia, Minggu (26/12/2021), media Korsel itu menyebutkan, mantan pelatih tim nasional Shin Tae-yong memimpin Indonesia ke final Piala Suzuki dengan mengalahkan kekuatan sepak bola Asia Tenggara Singapura. Suzuki Cup adalah Piala Dunia sepak bola di Asia Tenggara.


Shin Tae-yong disebut-sebut berpeluang mengukir sejarah di Indonesia jika meraih trofi Piala AFF untuk kali pertama. Hal itu tentu yang diharapkan publik Indonesia. Bahkan jika dia memenangkan trofi juara, Shin akan menulis sejarah baru dalam sepak bola Indonesia.


Media Korsel itu juga menyoroti penampilan impresif Indonesia selama Piala AFF 2020 di Singapura. Disebutkan, Indonesia menampilkan permainan khas Korea Selatan dengan sepak bola menyerang. Dalam Piala Suzuki pertamanya, pelatih Shin mengalahkan pemenang satu per satu dan maju ke final, menciptakan sepak bola Hallyu.


"Indonesia memamerkan sepak bola ofensif panasnya dengan mencetak 18 gol terbanyak di turnamen ini tanpa striker bintang,” tulis media Korsel itu.


Piala AFF atau AFF Suzuki Cup 2020 sudah memasuki partai puncak. Diikuti sebanyak 10 negara peserta, kini tersisa dua tim peserta terkuat yaitu timnas Indonesia dan Thailand. Kedua negara peserta akan menentukan menjadi tim terbaik di Asia Tenggara pada edisi ke-13 turnamen Piala AFF.


Ini pertemuan keempat bagi kedua tim di partai final Piala AFF. Sebelumnya, Indonesia vs Thailand sudah bertemu tiga kali di panggung final Piala AFF. Hasilnya, timnas Thailand menjadi juara setelah mengalahkan Indonesia di final tahun 2000, 2002, dan 2016.


Catatan yang ada menunjukkan, pada 2000, Thailand menang 4-1. Dua tahun berselang, mereka mengalahkan Indonesia lewat adu penalti 4-2 (2-2). Lalu, yang paling segar, 2016, Thailand unggul 3-2 secara agregat untuk merengkuh trofi juara.


Pertandingan final Piala AFF 2020 yang untuk keempat kalinya mempertemukan Indonesia dan Thailand akan digelar dalam dua pertemuan. Tim Garuda, bertindak sebagai tuan rumah lebih dulu pada leg pertama, di Singapore National Stadium, Rabu (29/12/2021) malam. Tiga hari kemudian, Indonesia gantian menjadi tamu Thailand pada pertandingan leg kedua, yang akan dihelat di tempat yang sama. ***