EmitenNews.com - PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) terus memperluas pelayanan. Maskapai BUMN ini, membuka kembali rute penerbangan Tokyo-Denpasar pulang pergi (PP) mulai 1 November 2022. Rute internasional ini sempat ditutup selama dua tahun akibat pandemi COVID-19. Frekuensi penerbangannya, tiga kali seminggu, setiap Selasa, Kamis dan Sabtu.


Kepada pers, Selasa (11/10/2022), General Manager Garuda Indonesia untuk Jepang dan Korea, Sony Sahlan mengungkapkan, pengoperasian penerbangan direct (langsung) PP Tokyo-Denpasar mulai 1 November 2022 itu, melalui Bandara Narita. Frekuensi sebanyak tiga kali dalam seminggu, setiap Selasa, Kamis dan Sabtu dengan nomor penerbangan GA875 dan GA880.


Tiga kali penerbangan seminggu dipilih, sesuai pola turis Jepang ke Bali. Kalau dua kali seminggu, kata Sony Sahlan, tidak bisa menutupi biaya, apalagi kalau seminggu, terlalu lama. Dengan keputusan itu, ada pilihan tiga, empat atau lima hari jalan-jalan di Bali.


Rute Narita-Denpasar, terakhir beroperasi pada 2019 atau sebelum pandemi Covid-19 dengan penerbangan setiap hari.


Selama pandemi Covid-19, Garuda sudah mengoperasikan penerbangan dari Tokyo, namun tidak langsung. Rutenya Manado-Tokyo- Denpasar dan dari Manado menuju Tokyo hanya melayani penerbangan kargo.


Kalau cuma satu kali jalan, peminatnya kurang. Orang Jepang pulangnya lewat Jakarta, Narita-Denpasar-Jakarta-Narita. Sekarang, kata Sony, mulai 1 November kalau orang Jepang mau jalan-jalan ke Bali bisa langsung. Jadi, lebih efektif. ***