EmitenNews.com - Lebaran 2022 menjadi momentum yang tepat untuk menuju kebangkitan ekonomi. Terutama setelah ekonomi nasional terpuruk akibat Pandemi Covid-19 sejak awal Maret 2020. Taman Margasatwa Ragunan (TMR), yang menjadi favorit pengunjung, diharapkan mendapat kunjungan sampai 45 ribu orang pada hari pertama libur lebaran.


"Lebaran ini momentum kita membangkitkan ekonomi, menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja, dan lebaran menjadi momentum masuk ke dalam tatanan ekonomi baru kita," ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Senin (2/5/2022).


Saat berkunjung ke Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Menteri Sandiaga berharap jumlah pengunjung Ragunan mencapai 45.000 orang di hari pertama libur lebaran, Selasa (3/5). Angka ini setara 75 persen dari kapasitas sebanyak 60 ribu.


Sandiaga menjelaskan, penerapan target tinggi itu lantaran Ragunan masih menjadi destinasi favorit masyarakat yang tidak mudik lebaran. Apalagi lokasinya strategis di tengah ibu kota.


Istimewanya lagi, Ragunan juga menerapkan sistem reservasi secara online saat libur Lebaran 2022. Jadi, masyarakat yang ingin membeli tiket masuk kebun binatang yang memiliki koleksi 2.294 satwa dari 220 jenis satwa tersebut disarankan mendaftar secara online satu hari sebelum kedatangan.


Pendaftaran dibuka sejak pukul 07.30 WIB hingga jumlah pengunjung sebanyak 45 ribu orang terpenuhi. Syarat yang harus dipenuhi oleh calon pengunjung Taman Margasatwa Ragunan yakni bukti vaksinasi dosis kedua yang diperuntukkan bagi orang dewasa.


"Anak-anak usia 6-12 tahun sudah harus vaksinasi dosis satu," ujar Sandiaga.


Yang penting diperhatikan pandemi Covid-19. Untuk itu, Sandiaga meminta pengunjung tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Mengingat, adanya potensi lonjakan pengunjung di musim libur Lebaran tahun ini.


Kepala UP Taman Margasatwa Ragunan, Endah Rumiyatu menjelaskan, jumlah kunjungan ke TMR mencapai 2.200 orang. Untuk menarik pengunjung pada musim libur lebaran ini, pihak pengelola menghadirkan berbagai atraksi menarik. Di antaranya, acara feeding time ketupat.


“Makanan-makanan satwa dimasukkan ke tempat berbentuk ketupat, yang nantinya diberikan kepada satwa-satwa seperti gorila, gajah, dan harimau," ujarnya. ***