EmitenNews.com - PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk (BIKE) resmi tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Peresmian pencatatan saham emiten yang lebih dikenal dengan SBI ini ditandai dengan Opening Bell Ceremony yang dilakukan oleh Direktur Utama Andrew Mulyadi beserta Jajaran Direksi dan Komisaris pada hari Senin, 21 Maret 2022 di Bursa Efek Indonesia.

 

Listing perdana BIKE langsung disambut aksi beli para investor, bahkan saham BIKE sempat menyentuh harga tertinggi dengan naik 34,12 persen ke level 228 per saham atau 58 poin dari harga perdana Rp170 per saham. Lonjakan harga BIKE di hari pertama ini ditopang oleh volume saham ditransaksikan sebanyak 81,44 juta lembar, nilai transaksi mencapai Rp18,30 miliar dan frekuensi sebanyak 5.931 kali hingga pukul 09:05 WIB.

 

BIKE menunjuk PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek dan bersama telah melaksanakan Penawaran Umum. Perseroan yang bergerak dalam bidang perdagangan besar sepeda ini melakukan penawaran umum saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) sebanyak 323.334.000 lembar saham atau 25% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO. Besaran saham tersebut dipatok pada harga Rp 170 per saham.

 

Sehingga emiten yang bergerak di bidang perdagangan besar alat olahraga ini, khususnya sepeda, akan meraup dana segar senilai Rp54,96 miliar. Perseroan merupakan produsen sepeda pertama yang mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan akan bertengger di papan pengembangan.

 

BIKE  juga menerbitkan sebanyak 161,16 juta Waran Seri I. Setiap dua pemilik saham berhak atas 1 waran atau rasio 2:1 dengan harga pelaksanaan Rp492 nominal Rp25. Dengan begitu, perseroan juga akan menghimpun dana sekitar Rp79,54 miliar dari hasil penerbitan waran tersebut.

 

Aksi korporasi pencatatan saham perdana BIKE ini merupakan bagian dari komitmen transformasi sekaligus meningkatkan portofolio perusahaan untuk memberikan nilai yang optimal bagi perseroan dan seluruh stakeholders.

 

PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk (BIKE) didirikan di Tangerang tahun 2017. BIKE bergerak dalam bisnis perdagangan besar sepeda. BIKE adalah pemegang merek Genio Bike dan distributor terbesar sepeda merek United Bike dan Avand.

 

SBI memiliki varian produk yang menyesuaikan kebutuhan pasar di Indonesia. United Bike merupakan salah satu merek terpopuler di Indonesia, digunakan oleh kalangan profesional, atlit dan konsumen yang menuntut sepeda dengan kualitas tinggi. Sedangkan merek Genio Bike lebih menargetkan pasar kelas menengah, menyediakan

produk lebih ekonomis. Avand Bike ditujukan untuk market anak muda dengan pilihan produk yang trendi dan spesifik.