EmitenNews.com - Emiten produsen kemasan PT Champion Pacific Indonesia Tbk (IGAR) akan melakukan pembelian kembali saham atau buyback saham yang beredar Bursa Efek Indonesia (BEI). Buyback  menggunakan kas internal secara bertahap dan menunjuk PT Ina Sekuritas Indonesia untuk melakukan pembelian kembali saham.

 

Antonius Muhartoyo Direktur utama IGAR dalam keterangan resminya Rabu (26/7) menyampaikan bahwa Perseroan berencana untuk melakukan buyback saham dengan menyiapkan dana sebesar Rp22,635 miliar untuk membeli sebanyak 50.000.000 lembar saham atau 5.14% dari seluruh modal ditempatkan dan disetor penuh dalam Perseroan.

 

"Pelaksanaa buyback akan dilakukan secara bertahap untuk periode 27 Juli 2023 sampai dengan 26 Oktober 2023 dan akan dilakukan pada harga yang dianggap baik dan wajar oleh Perseroan, sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku," tulisnya.

 

Antonius menambahkan, sesuai dengan SEOJK No. 3/2020, jumlah saham yang akan dibeli kembali tidak akan melebihi 20% dari jumlah modal disetor, serta dengan ketentuan paling sedikit saham yang beredar adalah 7,5% dari modal disetor Perseroan.

 

Aksi korporasi ini masih sejalan dengan target Perseroan. Selain itu, potensi kerugian dari pengalihan aset berupa kas menjadi saham treasuri tidak akan mempengaruhi pendapatan perusahaan secara signifikan dan tidak berdampak terhadap pendapatan Perseroan, namun dengan adanya perubahan pada jumlah saham yang beredar maka berdampak tidak secara signifikan terhadap laba per saham Perseroan.

 

Pelaksanaan buyback juga tidak akan memberikan dampak negatif yang material terhadap kegiatan usaha mengingat Perseroan memiliki modal kerja dan arus kas yang cukup untuk melaksanakan pembiayaan transaksi bersamaan dengan kegiatan usahanya.

 

Perseroan berencana untuk menyimpan saham yang telah dibeli kembali untuk dikuasai sebagai saham treasuri dengan memperhatikan ketentuan Pasal 12 POJK 2/2013, bahwa dalam hal masih terdapat saham hasil pembelian kembali yang dikuasai Perseroan selama jangka waktu 3 tahun sejak selesainya pembelian kembali saham.

 

Dalam penuturannya Antonius menambahkan pelaksanaan buyback ini dilakukan sebagai salah satu upaya IGAR untuk meningkatkan nilai bagi pemegang saham, meningkatkan kinerja saham sesuai dengan kondisi fundamental Perseroan sekaligus menjaga kepercayaan publik.


Pada perdagangan hari ini Rabu (26/7) saham IGAR naik Rp18 per lembar atau melonjak 4 persen menjadi Rp442 per saham.