EmitenNews.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli memastikan ketersediaan bahan kebutuhan pokok (bapok) cukup untuk menghadapi puasa dan Lebaran 2023.


"Harga bapok di Pasar Rawamangun stabil dan stoknya banyak. Mudah-mudahan sampai Lebaran seperti ini," ujar Mendag dalam keterangannya usai melakukan peninjauan di Pasar Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (3/4).


Zulkifli mengingatkan para pedagang untuk mengikuti harga patokan yang telah ditentukan dan tidak mengambil untung secara berlebihan serta tidak melakukan penimbunan stok.


Satuan Tugas (Satgas) Pangan akan terus mengawasi dan akan menindak pedagang yang menimbun dan menaikkan harga barang kebutuhan pokok secara berlebihan.


"Pedagang harus mengikuti harga patokan yang ditetapkan dari Bapanas (Badan Pangan Nasional) dan Bulog. Saya juga mengingatkan kepada para pedagang, jangan mengambil untung berlebihan dengan menaikkan harga seenaknya dan menimbun stok," katanya.


Zulkifli menjelaskan kenaikan harga kebutuhan pokok masih dalam taraf wajar karena adanya kenaikan permintaan. Menurutnya, kenaikan 5 persen masih wajar, namun jika berlebihan Satgas Pangan akan langsung turun tangan.(*)