EmitenNews.com - Jangan sepelekan kasus cacar monyet. Jumlah penderita monkeypox itu meningkat terus.Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat hingga Selasa (31/10/2023) terdapat 27 kasus di Indonesia, 22 di antaranya dari Jakarta. Penyebarannya dominan melalui hubungan seksual sesama jenis. 

 

Merespons hal tersebut, penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan  akan menggencarkan vaksin dan memperluas penelusuran (tracing).

 

"Pak Menkes (Budi Gunadi Sadikin) sudah menyampaikan ada 22 kasus cacar monyet. Itu hasil tracing yang diminta oleh Pemprov dan Kemenkes pada Dinkes. Terus aksinya bagaimana? Aksinya adalah kami vaksin dan kami akan isolasi penderitanya," kata Heru Budi Hartono seusai panen raya cabai "Rawita Peti" (Pedaskan Timur) di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Rawa Jaya, Kelurahan Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu (1/11/2023).

 

Untuk menjalankan aksinya, Heru Budi Hartono memastikan ketersediaan obat dan vaksin untuk para pasien positif cacar monyet. "(Stok vaksin dan obat) ada. Ada."

 

Para pasien yang terpapar tersebut merupakan kelompok komunitas tertentu, pelaku hubungan sejenis. Namun, ia enggan menyebutkan mengenai asal daerah pasien positif. Alasannya, cukup sensitif untuk disiarkan secara publik.

 

Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Jakarta Selatan mengatakan, pada 23 - 30 Oktober 2023. sudah memvaksinasi 189 warga untuk mencegah penyebaran penyakit cacar monyet.

 

"Saat ini sudah selesai pelaksanaan dan sedang dievaluasi oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta," kata Kepala Sudinkes Jakarta Selatan Yudi Dimyati kepada pers, Selasa (31/10/2023).

 

Data Kementerian Kesehatan menunjukkan, kasus cacar monyet atau monkeypox di Indonesia menyebar melalui kontak seksual sesama jenis. Temuan ini berdasarkan data yang dikumpulkan Kemenkes dari pasien yang telah terkonfirmasi positif.

 

Hingga 26 Oktober 2023, seluruh penderita cacar monyet yang berjumlah 14 orang adalah laki-laki. Dari total 14 pasien tersebut, 12 di antaranya juga menderita HIV.