EmitenNews.com - PT Surya Citra Media (SCMA) bakal menghelat program kepemilikan saham manajemen, dan karyawan alias management and employee stock ownership program (MESOP) 260 juta lembar. Periode pemberian saham secara gratis itu, akan berakhir pada 2027 mendatang. Rencana itu, telah mendapat restu pemodal dalam rapat umum pemegang saham tahunan pada Rabu, 29 Juni 2022. 


Surya Citra Media menetapkan harga pelaksanaan untuk mengambil bagian dari saham treasuri, sekurang-kurangnya dengan harga rata-rata perolehan saham hasil buyback perseroan Rp272 per saham. Saat ini, saham treasuri Surya citra Media berjumlah 10.763.194.120 alias 10,76 miliar lembar. Itu merepresentasikan 14,55 persen dari total saham ditempatkan, dan disetor perseroan. 


Sebagian dari saham treasuri Surya Citra Media yaitu 260 juta lembar atau 0,35 persen dari saham ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan akan dialokasikan untuk program MESOP. Program MESOP itu, penawaran kepada karyawan, anggota direksi dan atau anggota dewan komisaris, dan atau perusahaan terkendali (kecuali komisaris independen) memenuhi syarat untuk memiliki saham cuma-cuma.


Peserta MESOP anggota dewan komisaris, dan perusahaan terkendali (kecuali komisaris), menjabat pada saat pembagian hak opsi untuk memperoleh MESOP saham cuma-cuma sebagai bagian dari kompensasi. Anggota direksi, dan perusahaan terkendali yang menjabat pada saat pembagian saham cuma-cuma sebagai bagian dari kompensasi. Karyawan, dan perusahaan terkendali dengan peringkat jabatan (Grade) 15 ke atas tercatat dalam data karyawan, dan perusahaan terkendali telah bekerja minimal enam bulan sebelum tanggal pembagian saham cuma-cuma sebagai bagian dari kompensasi untuk setiap tahap pembagian. 


Peserta MESOP berhak akan ditetapkan direksi dengan mendapat persetujuan komite nominasi, dan remunerasi. Periode pembagian saham MESOP dilaksanakan dalam jangka waktu lima tahun setelah mendapat persetujuan RUPS. Setiap saham yang dibagikan kepada peserta MESOP akan memiliki waktu tunggu (vesting period) selama empat tahun. Di mana, saham akan diterbitkan 25 persen setiap tahun. Dividen tidak akan diberikan kepada saham Perseroan yang belum dibagikan atau dialihkan secara resmi kepada peserta Program MESOP. (*)