EmitenNews.com - PT Bentoel Internasional Investama (RMBA) menjual aset non-produktif senilai Rp3,83 miliar. Pelepasan aset dilakukan melalui anak usaha Bentoel Prima (BP). Aset itu, dijual oleh BP kepada BAT Uzbekistan atau JSC JV UZBAT A.O.


Pelepasan mesin itu, berupa Tobacco Lamina Leaf & Strip Dryer Machine, dan Case Density Tester dengan nama PROCTOR-CPM Lamina Dryer Machine, Exhaust Ducting GLT, Steam Trap (steam & lamina proctor), Lubrication Lamina Dryer berlokasi di Jalan Kavaleri, RT.001/RW.011, Randuagung, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. 


Aksi itu sejalan strategi usaha, mengoptimalkan sumber daya, dan aset milik Bentoel Group, berdasar pada asset sale agreement yang telah ditandatangani kedua belah pihak pada 30 November 2021. Pada 29 April 2022, kedua belah pihak telah meneken additional agreement No. 1 to the asset sale agreement karena terdapat perubahan biaya pengiriman, sehingga total nilai transaksi atas mesin sebesar Rp3,83 miliar.

Transaksi Bentoel Prima dengan JSC JV UZBAT A.O. bersifat afiliasi. Hubungan afiliasi itu menyusul kepemilikan saham mayoritas perseroan dalam BP yaitu 99,99 persen dari keseluruhan modal dikeluarkan dan disetor dalam BP. Lalu, hubungan afiliasi antara British American Tobacco (2009 PCA) Limited dengan BAT Uzbekistan yang sama-sama dikendalikan British American Tobacco p.l.c. (*)