EmitenNews.com -Pengetatan kondisi keuangan, peningkatan fokus pada valuasi kantor real estate dan risiko politik dari perselisihan atas batas utang federal AS adalah beberapa risiko kredit utama yang disorot di Fitch Laporan Risk Headquarters untuk 2Q23.

 

Sejak kuartal terakhir, risiko utama yang kami soroti mengenai ketidakstabilan keuangan terkait dengan kenaikan biaya modal tercermin dalam beberapa kegagalan bank terbesar dalam sejarah AS dan pengambilalihan cepat Credit Suisse oleh UBS menyusul aliran dana keluar yang cepat. Sementara risiko penularan sistemik lebih lanjut telah dimitigasi melalui langkah-langkah dukungan pemerintah dan regulator yang cepat, efek jangka panjang pada biaya pembiayaan, terutama untuk bank-bank kecil dan regional, dan kondisi kredit dalam ekonomi yang lebih luas masih sangat tidak pasti.

 

Tekanan baru yang dihadapi oleh komunitas AS dan bank-bank regional juga memperbarui kekhawatiran investor mengenai real estat komersial, khususnya perkantoran, yang menghadapi kombinasi tantangan sekuler dari perubahan pola kerja, tekanan siklus dari prospek ekonomi yang lesu dan kondisi pembiayaan yang semakin ketat.

 

Risiko utama kami telah diperbarui sejak kuartal terakhir. Risiko terkait biaya modal dan ketidakstabilan keuangan, inflasi, dan geopolitik, kebijakan dan tata kelola masih signifikan. Fitch memperkirakan risiko investasi dan konsumsi yang lebih luas akan terus berlanjut karena kondisi keuangan terus mengetat dan inflasi tetap di atas target bank sentral. Risiko politik juga sebagian besar tidak berubah, dengan fokus yang meningkat pada batas utang federal AS saat "x-date" mendekat pada bulan Juni atau Juli. Risiko geopolitik terkait perang Rusia-Ukraina, ketegangan atas Selat Taiwan, dan persaingan geopolitik AS-Tiongkok tetap ada.

 

China Macro telah dihapus dari risiko utama. Ketidakpastian atas pemulihan ekonomi China pada tahun 2023 telah berkurang secara signifikan dengan berakhirnya Zero-Covid dan lonjakan pertumbuhan yang didorong oleh konsumsi pada kuartal pertama.