EmitenNews.com - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) menargetkan pertumbuhan pendapatan di sepanjang 2022 di level mid-single digit, sejalan dengan kenaikannya di Semester I-2022 sebesar 3,6 persen (year-on-year) menjadi Rp72 triliun.

 

Guidance kinerja keuangan tersebut disampaikan oleh Direktur TLKM, Heri Supriadi pada PE Live 2022, Jumat (16/9). "Pendapatan bisa bertumbuh di kisaran mid-single digit, dengan tingkat profitabilitas EBITDA yang terjaga," ucapnya.

 

Dia memaparkan, pada Semester I-2022, TLKM membukukan pendapatan mencapai Rp72 triliun atau meningkat 3,6 persen (y-o-y), dengan nilai EBITDA sebesar Rp39,4 triliun atau bertumbuh 4,5 persen dan laba bersih senilai Rp13,3 triliun atau naik 6,9 persen (y-o-y).

 

Dia mengatakan, IndiHome dan Telkomsel Digital Business tetap menjadi mesin pertumbuhan, dengan pencapaian masing-masing sebesar Rp13,8 triliun atau bertumbuh 7,4 persen dan sebesar Rp35,1 triliun atau meningkat 5,2 persen (y-o-y).

 

Lebih lanjut, Heri mengungkapkan, target revenue di kisaran mid-single digit tersebut tentunya sejalan dengan perkembangan industri telekomunikasi yang saat ini tidak memiliki pertumbuhan hingga double digit. "Kami berharap bisnis yang sustainable dan provitabilitas yang terjaga," imbuhnya.

 

Guna dapat menjaga pertumbuhan pendapatan di sepanjang tahun ini, kata Heri, TLKM merencanakan total alokasi belanja modal (capex) sebesar 25 persen dari total pendapatan, yang penggunaannya sebagian besar untuk penguatan digital infrastruktur.