EmitenNews.com - PT. Temas Tbk. (TMAS) emiten jasa pelayaran, pengangkutan peti kemas (Kontainer), jasa bongkar muat peti kemas dan penunjangnya bersama anak usahanya yaitu PT. Temas Shipping mendirikan anak usaha baru pada tanggal 25 September 2023.

 

Marthalia Vigita Secretary TMAS dalam keterangan tertulisnya Jumat (29/9) menuturkan bahwa TMAS dan PT. Temas Shipping telah mendirikan anak usaha baru bernama PT Temas Energy dengan modal dasar sebesar Rp1 miliar dan modal ditempatkan sebesar Rp300 juta.

 

Marthalia memaparkan adapun kepemilikan saham TMAS dalam Temas Energy adalah sebesar 99% sedangkan Temas Shiping sebesar 1% dan diharapkan dengan dibentuknya Temas Energi ini semakin mengembangkan kegiatan operasional Perseroan.

 

"Temas Energy ini didirikan untuk pengembangkan kegiatan usaha Perseroan khususnya dalam bidang angkutan dan pengadaan energi,"tuturnya.

 

Selain itu Perseroan melihat potensi yang ada, serta sejalan dengan komitmen untuk dapat mendukung dan berpartisipasi dalam program net zero emission, bisnis yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

 

Dari sisi laporan keuangan pembentukan Temas Energy ini secara laporan keuangan konsolidasi Perseroan, adanya penambahan nilai investasi saham Perseroan atas entitas anak. Pembentukan unit usaha baru ini selanjutnya akan memberikan kontribusi penambahan pendapatan bagi Entitas Anak , sehingga akan berdampak positif terhadap laporan keuangan kondolidasian TMAS.

 

Marthalia menambahkan nilai transaksi investasi saham pada Temas Energy bukan merupakan transaksi material sesuai dengan regulasi OJK dalam POJK No. 42/POJK.04/2020, dikarenakan tidak melebihi 20% ekuitas TMAS berdasarkan laporan keuangan perusahaan tahun buku 2022.