EmitenNews.com - Tenang. Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menjamin cadangan beras nasional dalam kondisi aman untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat. Jaminan itu diberikan meski ada potensi gangguan dari dampak iklim El Nino.

 

"Untuk cadangan beras secara nasional dalam keadaan sangat aman untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat," kata Mentan Syahrul Yasin Limpo saat rapat koordinasi antisipasi dampak iklim El Nino Provinsi Lampung, di Lampung Tengah, Rabu.

 

Mentan berani memastikan keamanan ketersediaan cadangan beras nasional itu, karena hingga Agustus 2023 masih ada daerah yang produktivitas lahan pertaniannya tetap terjaga

 

"Agustus ini masih ada daerah yang siap panen di atas 850 ribu hektare. Ini produksi gabah dan beras bisa jutaan, jadi bisa dibilang ketersediaan aman," kata mantan Gubernur Sulawesi Selatan itu.

 

Meski begitu, Syahrul Yasin Limpo mengingatkan tetap perlu melakukan berbagai langkah antisipasi dalam menghadapi dampak cuaca ekstrem itu. Terutama dalam upaya mencegah adanya gagal panen.

 

Jadi, meski pun masih ada daerah yang panen, namun tidak boleh jumawa. Karena cuaca ekstrem ini, kalau hujan langsung banjir, dan kalau panas kata Syahrul Yasin Limpo, bisa membakar lahan atau membuat kekeringan. 

 

“Jadi untuk mencegah dampak buruk akan mendorong penanaman 1.000 hektare di setiap daerah," ujar Mentan Syahrul Yasin Limpo. ***