EmitenNews.com - Peganglah janji Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Menhub memastikan proses perizinan pembangunan Pelabuhan Jetty di Kawasan Industrial Park Indonesia (KIPI), di Tanah Kuning, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, berjalan lancar. Ini dukungan bagi Kawasan Industri Kalimantan Indonesia (KIKI) dan Kalimantan Industrial Park Indonesia, di Kaltara, salah satu proyek strategis nasional (PSN).


Dalam keterangannya di Jakarta, seperti dikutip Minggu (21/8/2022), Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) sudah dilakukan. Syarat-syarat lainnya sudah dipenuhi, dan dengan sedang dalam tahap finalisasi. Ia sudah berbicara dengan Gubernur, Bupati, Kapolda agar proses AMDAL dilakukan dengan hati-hati.


“Pemerintah ingin pelabuhan ini dibangun dengan dasar pembahasan yang baik sehingga nantinya juga akan berdampak baik," kata Menhub Budi Karya Sumadi.


Menhub mengapresiasi pemerintah daerah dan pemangku kepentingan terkait yang telah mendukung pembangunan kawasan industri yang diproyeksikan akan menjadi kawasan industri hijau yang ramah lingkungan dan mengedepankan prinsip berkelanjutan. Ia mengimbau agar pihak Pemda, swasta, beserta pemangku kepentingan terkait juga memperhatikan aspek sosial.


“Itu dilakukan dengan melibatkan peran masyarakat sekitar dalam pembangunan sebagai bentuk kepedulian terhadap para nelayan dan masyarakat sekitar yang terdampak dan harus berpindah tempat," ujar Budi Karya Sumadi. ***