EmitenNews.com -PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) menegaskan peringkat "idA+" untuk Obligasi Berkelanjutan V Tahap II Tahun 2023 Seri A senilai Rp918 miliar yang diterbitkan PT Indomobil Finance Indonesia dan akan jatuh tempo tanggal 8 April 2024.

Kesiapan pelunasan obligasi tersebut didukung oleh rata-rata penerimaan dari cicilan piutang bulanan sebesar Rp707 miliar dan fasilitas kredit yang belum ditarik sebesar Rp9,1 triliun per 31 Desember 2023.

Indomobil Finance merupakan perusahaan pembiayaan Grup Indomobil, salah satu grup otomotif bagian dari Grup Salim yang memegang lisensi beberapa merek kendaraan bermotor dan juga bergerak di sektor lain terkait otomotif, termasuk penyediaan jasa purna jual, perakitan kendaraan, produksi komponen, dan distribusi suku cadang.

Per 30 September 2023, Indomobil Finance dimiliki oleh PT Indomobil Multi Jasa Tbk (99,909%) dan PT IMG Sejahtera Langgeng (0,091%).

Efek utang dengan peringkat idA mengindikasikan bahwa kemampuan emiten untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang atas efek utang tersebut, dibandingkan dengan emiten lainnya di Indonesia, adalah kuat. 

Walaupun demikian, kemampuan emiten mungkin akan mudah terpengaruh oleh perubahan buruk keadaan dan kondisi ekonomi, dibandingkan dengan emiten yang peringkatnya lebih tinggi. Tanda tambah (+) menunjukkan bahwa peringkat yang diberikan relatif kuat dan di atas rata-rata kategori yang bersangkutan.