EmitenNews.com - Terserang kanker prostat, Presiden ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono ke Amerika Serikat, Selasa (2/11/2021) malam. Mantan Ketua Umum Partai Demokrat itu, akan menjalani pengobatan atas penyakit kanker prostat yang diidapnya sejak beberapa tahun lalu. SBY berangkat bersama keluarga, dan anak-anak, menuju sebuah rumah sakit khusus kanker di AS.


Kepada pers, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (2/11/2021). anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat (PD) Syarief Hasan mengatakan SBY akan menjalani pengobatan selama 1,5 bulan di Negeri Presiden Joe Biden itu. "Cukup lama sih ya, karena memerlukan check up, kemudian perawatan. Kemudian check up lagi, kurang-lebih 1,5 bulan."


Syarief Hasan menyebutkan, SBY akan menjalani pengobatan di Mayo Clinic, Amerika Serikat, sehingga perlu meninggalkan Tanah Air cukup lama. Tempat pengobatan SBY menurut eks Menteri Koperasi dan UKM itu, memang khusus untuk penanganan kanker. SBY yang didampingi anak dan keluarganya ke Negeri Paman Sam, akan meninggalkan Tanah Air cukup lama.


"Iya, kan harus perawatan. Harus monitor. Dokter yang minta supaya mempersiapkan sedikit waktu untuk evaluasi dan sebagainya. "Di US, di Mayo ya, di dekat, di Minneapolis. Dari Minneapolis itu 1,5 jam lagi di Mayo."


Meski cukup lama bakal meninggalkan Jakarta, Indonesia, Syarief memastikan kerja politik Partai Demokrat tak terganggu selama SBY berada di AS. Sebab, Ketum AHY memimpin langsung Partai Demokrat selama ini. ***