EmitenNews.com - PT Bentoel Internasional Investama (RMBA) menjual aset senilai USD20.772. Aset itu berupa tobacco feeder, charcoal extractor, laser & accessories, dan frequency converter. Aset milik Bentoel Prima itu, dilepas kepada British-American Tobacco Private Limited (BAT) Singapore.


Seluruh aset tersebut berlokasi di Malang, Jawa Timur (Jatim). Perjanjian antara Bentoel Prima dan BAT Singapore telah diteken pada 8 September 2022. ”Transaksi itu, untuk mengoptimalkan sumber daya, dan aset milik Bentoel Group,” tulis Dinar Shinta Ulie, Direktur Bentoel Internasional Investama.


Penjualan itu, juga dilatari mesin sudah tidak digunakan lagi untuk kegiatan operasional. Oleh karena tidak produktif secara bisnis, penjualan akan menguntungkan Bentoel Prima. ”Dana hasil penjualan dapat mendukung modal kerja untuk kegiatan operasional Bentoel Prima,” tegasnya. 


Transaksi penjualan kepada pihak afiliasi dilandasi alasan kemudahan dalam hal negosiasi transaksi jual beli, dan sama-sama memiliki visi bisnis sejenis dengan perseroan. ”Dengan kemudahan itu, transaksi lebih cepat dilakukan,” ucapnya. 


Transaksi antara Bentoel Investama, Bentoel Prima, dan BAT Singapore masuk ranah afiliasi. Pasalnya, Bentoel Prima entitas usaha Bentoel Investama dengan kepemilikan saham secara tidak langsung 99,9 persen. Pemegang saham Bentoel Investama yaitu British American Tobacco (2009 PCA) Limited, dan BAT Singapore sama-sama dikendalikan British American Tobacco PLC. (*)