EmitenNews.com - Permintaan komponen otomotif PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA), terus melonjak setelah kuartal II tahun 2022. Dibandingkan Januari-April 2022, rata-rata permintaan terhadap produksi Perseroan Agustus 2022 naik 20%. Order komponen otomotif DRMA September ini diperkirakan naik 30%. Oktober diperkirakan meningkat 35 persen dari rata-rata permintaan Januari-April 2022. Permintaan naik tidak terpengaruh oleh kenaikan harga BBM subsidi.


“Permintaan di kuartal tiga, diluar Juli 2022 sudah sangat bagus. Semoga kuartal empat nanti lebih bagus lagi,” kata Presiden Direktur PT Dharma Polimetal Tbk, Irianto Santoso dalam keterangannya Selasa (20/9/2022).


Lonjakan permintaan komponen otomotif pada kuartal ketiga tersebut terjadi antara lain karena persoalan kelangkaan semikonduktor akibat lockdown di Shanghai yang sempat menghambat produksi otomotif sudah mulai teratasi. Bersamaan dengan proses pemulihan pasokan semikonduktor tersebut, pemulihan ekonomi Indonesia pasca pandemi Covid-19 juga tengah berlangsung.


Oleh karena itu, sejauh ini kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) tidak sampai menghentikan pertumbuhan permintaan komponen otomotif. Alasan-alasan tersebut menjadikan DRMA tetap optimistis target pertumbuhan revenue 2022 sebesar 20% dan pertumbuhan laba bersih sebesar 50% akan dapat tercapai.


Pada Semester 1 2022 DRMA membukukan bersih sebesar Rp144,59 miliar, naik 44%YoY. Lonjakan laba bersih tersebut didukung keberhasilan Perseroan mencatatkan penjualan sebesar Rp1,59 triliun, meningkat 22% dari periode yang sama tahun sebelumnya.


PT Dharma Polimetal Tbk sebagai Holding Company Dharma Group, yang berdiri sejak tahun 1989, bergerak di bidang usaha komponen otomotif untuk sepeda motor dan mobil. Dharma Group telah menjadi bagian dari mata rantai pasokan otomotif terintegrasi dengan produk-produk suku cadang dan komponen inovatif dan berkualitas sesuai standar pabrikan kelas dunia.


Sebagai salah satu anak Perseroan dari Triputra Group, Perseroan mempunyai latar belakang manajemen berpengalaman dalam industri otomotif nasional. PT Dharma Polimetal Tbk telah berkembang menjadi sebuah Perseroan induk dari Grup Dharma yang mengedepankan pertumbuhan berkelanjutan dengan menjadikan teknologi sebagai keunggulan operasionalnya. 


Dengan motto Excellence Through People and Process Dharma Group mempunyai pelanggan bereputasi baik dari merek-merek terkenal di dunia serta berkelanjutan dengan hubungan jangka panjang. ***