EmitenNews.com - PT Timah Tbk. (TINS) menyampaikan bahwa Kapal Isap Produksi (KIP) 11 milik perseroan mengalami musibah. Musibah itu terjadi saat KIP sedang beroperasi di Perairan Cupat, Belinyu, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.

 

Corporate Secretary TINS, Abdullah Umar menyampaikan bahwa, tim perusahaan saat ini masih fokus melakukan pengecekan medis pada awak KIP yang telah dievakuasi. Sementara untuk penyebab peristiwa, tim perusahaan masih melakukan pendalaman dan menginvestigasi terhadap terjadinya musibah tersebut.

 

"Sebagaimana diketahui, saat ini kondisi cuaca dalam beberapa waktu terakhir dalam kondisi kurang bersahabat. Dalam sepekan ini berdasarkan prediksi BMKG kondisi angin mencapai 20-30 KM/Jam dengan ketinggian 0,1-1,5 meter," tulis Abdullah Umar dalam keterangan resmi Kamis (24/8).

 

Ia menambahkan, Perseroan telah mengambil langkah strategis untuk mengantisipasi dan mencegah pencemaran laut. Dengan pengaktifan tim emergency response group (ERG) untuk mendeteksi kemungkinan terjadinya pencemaran laut di sekitar lokasi kejadian dan menurunkan tim penanggulangan penncemaran.

 

"Tim ERG Perseroan akan segera melaksanakan preparasi penggelaran peralatan oil booms untuk meminimalisasi dampak terhadap lingkungan," tegasnya.

 

Abdullah Umar menyampaikan, sampai saat ini Manajemen masih mengkaji kerugian yang ditimbulkan atas kecelakaan pada KIP Perseroan.