EmitenNews.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) mengoperasikan Akses Masuk dan Keluar (menuju Stasiun Kereta Cepat Whoosh Halim/D.I. Panjaitan) di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 01+842 arah Cikampek, mulai Sabtu (6/4/2024). Kebijakan dalam peningkatan pelayanan ini, menindaklanjuti Surat Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. BM 0702-TI/240 tanggal 5 April 2024. 

Saat ini, waktu operasi Akses Masuk dan Akses Keluar KM 1+842 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek adalah pada pukul 06.00 sampai 22.00 WIB menyesuaikan dengan jadwal Kereta Cepat Whoosh.

Dalam keterangannya yang dikutip Minggu (7/4/2024), Senior General Manager Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division, Widiyatmiko Nursejati menjelaskan bahwa pengguna jalan yang menuju Stasiun Kereta Cepat Whoosh Halim atau menuju Jalan DI. Panjaitan akan melakukan transaksi di Gerbang Tol (GT) Halim 3 di akses tersebut dengan tarif Wilayah I Jalan Tol Jakarta-Cikampek sebesar Rp 5.500 untuk kendaraan Golongan I. 

Penting dicatat, akses masuk dan keluar ini hanya bisa dilewati oleh kendaraan kecil dan bus, tidak untuk kendaraan besar/kendaraan angkutan barang.

"Pengoperasian ini juga menjadi upaya peningkatan pelayanan Jasa Marga kepada pengguna jalan tol selama arus mudik dan balik dalam rangka Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah. Dengan dioperasikannya akses ini, diharapkan dapat mempermudah akses masyarakat yang ingin menuju Stasiun Kereta Cepat Whoosh Halim langsung melalui jalan tol," ujar Widiyatmiko.

Jasa Marga akan mengoperasikan dua gardu di GT Halim 3 yang nantinya akan membantu melayani kendaraan yang masuk dan keluar Stasiun Kereta Cepat Whoosh Halim melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Berdasarkan data PT Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC), jumlah rata-rata kendaraan yang mengakses stasiun tersebut sebanyak 3.500 kendaraan pada akhir pekan dan 4.000 kendaraan pada hari kerja.

Jasa Marga bersama PT KCIC, Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan dan Kepolisian akan terus melakukan pemantauan dan evaluasi atas operasional akses KM 1+842 Jalan Tol Jakarta-Cikampek untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan tol yang melintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Aktif untuk perbarui informasi lalu lintas yang bisa didapatkan melalui One Call Center Jasa Marga di nomor 14080, Aplikasi Travoy, Akun X @PTJASAMARGA serta media sosial resmi Jasa Marga. ***