EmitenNews.com -PT Indonesia Infrastructure Finance (IIF) dan Export Development Canada (“EDC”) secara resmi telah menjalin kerjasama dalam hal kolaborasi untuk mendukung pembiayaan infrastruktur di Indonesia. Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) pada Rabu, 26 September 2023 berlokasi di Kantor IIF, Jakarta.

 

Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan dari kedua belah pihak. EDC dihadiri oleh Sven List - Senior Vice President – Corporate & International, George Monize - Vice President Indo-Pacific, Gustavo Galvis - Regional Vice President – Asia Pacific, Sean Emmond – Indonesia Chief Representative dan Alicia Partner - Program Advisor. Sedangkan pihak IIF dihadiri oleh Reynaldi Hermansjah - Presiden Direktur dan Rizki Pribadi Hasan - Direktur Keuangan / interim Direktur Risiko didampingi oleh tim IIF lainnya.

 

EDC merupakan institusi keuangan yang memiliki mandat untuk mendukung perusahaan Kanada dalam transaksi perdagangan ekspor di pasar Internasional, khususnya Indonesia, sekaligus menyediakan layanan pembiayaan dan mitigasi risiko bagi perusahaan-perusahaan Kanada yang terlibat dalam perdagangan ekspor. Melalui MoU ini IIF dan EDC akan menjajaki peluang baru berupa potensi pembiayaan dan layanan konsultasi bagi perusahaan Kanada yang memiliki bisnis operasional di Indonesia.

 

Pada kesempatan tersebut, Reynaldi Hermansjah menyampaikan antusiasmenya dalam berkolaborasi dengan EDC. “Suatu kebanggaan bagi kami dapat menjadi lembaga keuangan pertama di Indonesia yang menjalin hubungan kerjasama dengan EDC, sekaligus menandai MoU pertama mereka sejak kehadirannya baru – baru ini di Indonesia” ungkap Reynaldi.

 

Reynaldi juga menegaskan bahwa kolaborasi tersebut dapat menjadi landasan bagi kedua belah pihak dalam menjaring potensi bisnis. “Kami yakin melalui kerjasama dan kolaborasi ini dapat menjaring peluang investasi pengembangan proyek berkelanjutan, inovasi dan pembangunan di sektor energi terbarukan”.

 

Sama halnya dengan IIF, EDC melihat adanya peluang yang menjanjikan melalui kolaborasi ini, yang dapat memberikan manfaat bagi Kanada dan Indonesia. “Menjalin kolaborasi dengan IIF memungkinkan kami berbuat lebih banyak dan lebih cepat bagi eksportir Kanada dan investor korporat di sektor infrastruktur sekaligus mendukung kebutuhan Indonesia,” ungkap Sven List, Senior Vice President - Corporate and International Group EDC. 

 

“IIF memiliki pengetahuan dan keahlian yang handal dalam pembiayaan proyek infrastruktur, termasuk proyek energi terbarukan. Dengan memanfaatkan prinsip-prinsip ESG dan kemampuan yang dimiliki EDC dan IIF, kami akan berkontribusi terhadap pembangunan infrastruktur berkelanjutan di Indonesia.”