EmitenNews.com - Komplikasi penyakit membuat pertahanan Tjahjo Kumolo jebol. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) itu, meninggal dunia, Jumat (1/7/2022), setelah menjalani perawatan intensif di rumah sakit. Jenasah politikus PDI Perjuangan itu, dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. Hadir para pejabat negara, dan tokoh mengantar kepergian mantan Mendagri itu. Termasuk Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang mengikuti secara daring.


"Saya Pratikno, Menteri Sekretaris Negara, atas nama negara, bangsa dan TNI, dengan ini mempersembahkan gelar persada Ibu Pertiwi, jiwa raga dan jasa-jasa Almarhum Haji Tjahjo Kumolo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi," ujar Mensesneg Pratikno yang memimpin upacara pemakaman di TMP Kalibata.


"Semoga jalan darma bakti yang ditempuhnya dapat menjadi suri tauladan bagi kita semua dan arwahnya mendapat tempat yang semestinya di alam baka," sambung Pratikno lagi.


Tjahjo Kumolo meninggal dunia Jumat, pukul 11.10 WIB di RS Abdi Waluyo, Jakarta Pusat. Rahajeng Widyaswari, putri pertama Tjahjo, mengatakan sang ayah sempat dirawat di rumah sakit selama sekitar dua minggu.


Sejumlah pejabat negara dan politikus menghadiri pemakaman Tjahjo. Mereka silih berganti berdatangan sejak pukul 16.00 WIB. Selain Pratikno, juga terlihat Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, hingga Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.


Ada juga Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. Terlihat juga, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, dan mantan Kepala BIN AM Hendropriyono, dan sejumlah pejabat, dan para tokoh lainnya.


Tidak ketinggalan koleganya di PDIP, Ketua DPR Puan Maharani, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Kepada pers, Puan Maharani menyebut sang ibu, Megawati, beserta seluruh kader PDIP mendoakan agar Tjahjo diberi tempat terbaik di sisi Tuhan. "Saya ingin sampaikan keluarga ibu Megawati Soekarnoputri dan keluarga besar PDIP. Kami ikut berduka cita sedalam-dalamnya atas wafatnya bapak Tjahjo Kumolo." ***