EmitenNews.com - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM), sebagai salah satu perusahaan telko digital bertekad untuk mendukung masyarakat menghadapi era ekonomi digital.

Salah satu langkah yang diambil oleh Telkom adalah dengan menyelenggarakan kelas digital marketing gratis bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Menurut SGM Telkom CDC, Hery Susanto, inisiatif kelas gratis ini merupakan bagian dari program inovatif yang Telkom tawarkan kepada masyarakat.

"Dengan melihat tingginya antusiasme masyarakat terhadap kegiatan webinar sebelumnya, kami dari Unit Community Development Center Telkom Indonesia, yang juga menaungi program-program TJSL Telkom, berharap dapat memberikan wadah bagi masyarakat, khususnya para pelaku UMKM, untuk mengembangkan bisnis mereka di era digital," jelas Hery, seperti dilaporkan dalam siaran pers pada Rabu (3/4/2024).

Kelas digital marketing gratis bertema "Optimalisasi Penjualan melalui Media Sosial & E-Commerce, Tingkatkan Pendapatan Bulanan Anda" telah diadakan secara daring oleh perusahaan beberapa waktu lalu.

Pada acara tersebut, Telkom menghadirkan Chrysler Ade Chandra sebagai CTO Vauza Tamma Hijab dan Putri Irmawati Y. sebagai CFO Muda Rumah BUMN (RB) Telkom.

Vauza Tamma Hijab, sebagai salah satu UMKM binaan unggulan Rumah BUMN Telkom, membagikan pengalamannya mengenai strategi dan langkah-langkah untuk meningkatkan penjualan melalui platform digital.

Berdiri selama lebih dari dua tahun, Vauza Tamma Hijab, dengan bantuan dari RB Telkom Malang, telah berhasil tumbuh dengan mencatatkan omzet minimal satu miliar rupiah setiap bulannya.

Telkom juga menghadirkan CFO Rumah BUMN Telkom untuk memberikan informasi mengenai peran Rumah BUMN Telkom sebagai tempat bagi siapa pun untuk belajar dan mengembangkan UMKM mereka.

Melalui kegiatan ini, Telkom berharap dapat memberikan panduan dan pemahaman kepada masyarakat mengenai penggunaan alat-alat pemasaran digital, khususnya untuk pertumbuhan bisnis.

Chrysler Ade Chandra juga membagikan e-book gratis kepada peserta yang ingin menerapkan langsung apa yang telah dipelajari selama kelas.

Respon terhadap kegiatan kelas digital marketing UMKM tersebut juga sangat positif dari para peserta.

"Terima kasih kepada Telkom atas penyelenggaraan kelas gratis ini. Sangat bermanfaat bagi saya sebagai pelaku UMKM yang masih perlu banyak belajar tentang pemasaran digital. Materi yang disampaikan oleh narasumber sangat berbobot dan mudah dipahami. Saya berharap kegiatan seperti ini dapat terus diadakan dengan tema-tema menarik lainnya," ungkap Raey Brian Andi Ramanda, salah satu peserta dari Jakarta.

Dengan sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), khususnya pada poin ke-9 yang berkaitan dengan Infrastruktur, Industri, dan Inovasi, Telkom bertekad untuk mendorong inovasi dan kemajuan teknologi di industri, terutama di sektor UMKM.

Telkom berharap dapat membentuk para pelaku UMKM menjadi talenta bisnis yang siap bersaing di pasar global.