EmitenNews.com—Saham emiten perunggasan yakni PT Widodo Makmur Unggas Tbk (WMUU) terpantau kembali ambles dan menyentuh batas  auto reject  bawah (ARB) pada perdagangan Jumat (6/1/2023).

 

Per pukul 09:55 WIB, saham WMUU ambles 6,06% ke posisi Rp 62/saham. Bahkan, saham WMUU juga sudah menyentuh ARB sejak pagi.

 

Sudah kurang lebih 8 hari saham WMUU ambles dan menyentuh ARB-nya. Dalam delapan hari terakhir, saham WMUU telah ambles 39,22%.

 

Bahkan, saham WMUU yang mencetak ARB berjilid-jilid membuat investor atau  trader  yang memiliki saham ini meminta pertanggungjawaban dari Komisaris Utama WMUU yakni Tumiyana di media sosial, atas pergerakan sahamnya yang terus mencetak ARB.

Sebelumnya, pengendali saham WMUU yakni PT Widodo Makmur Perkasa Tbk (WMPP) kembali melepas kepemilikannya di WMUU sebesar 234,02 juta lembar saham.

 

Dengan aksi tersebut, maka kepemilikan WMPP di saham WMUU berkurang menjadi 3,43 miliar lembar saham atau setara dengan 26,51% dari total keseluruhan jumlah saham.

 

Sayangnya, transaksi tersebut tidak dilengkapi dengan data pendukung seperti harga penjualan, nilai transaksi, dan tujuan dibalik aksi tersebut. Namun berdasarkan harga saham WMUU saat ini, maka transaksi penjualan tersebut bisa bernilai Rp 17 miliar.

 

Sebagai gambaran, dari  orderbook -nya, sudah ada 485.600 juta lot transaksi di saham WMUU pada pagi hari kemarin, pukul 09:55 WIB. Dari order bid atau beli, tidak terdapat antrian tertera, menandakan bahwa saham WMUU kembali menyentuh ARB. Adapun dari order offer atau jual, terdapat 272.040 lot antrian jual di harga Rp 62/saham.

 

Tumiyana tidak ragu mengurangi porsi saham Widodo Makmur Perkasa (WMPP). Kali ini, Tumiyana mendivestasi 90.104.300 helai atau 90,1 juta lembar. Aksi penjualan dibantu Surya Fajar Sekuritas, dan Bank Mandiri.