EmitenNews.com—BUMN transportasi PT Kereta APi Indonesia (persero) dengan kode di Bursa KAII melaporkan telah melakukan pembayaran Bunga Obligasi Berkelanjutan I Kereta Api Indonesia Tahap I Tahun 2022 Seri A-B dan Sukuk Ijarah Berkelanjutan I Kereta Api Indonesia Tahap I Tahun 2022 Seri A-B Ke-2.

 

Merujuk keterangan resminya yang dikutip, Rabu (8/2/2023), Iwan Eka Putra Plt. Executive Vice President of Corporate Secretary KAI menyatakan, telah melakukan pembayaran Bunga Obligasi Berkelanjutan I Kereta Api Indonesia Tahap I Tahun 2022 Seri A-B dan Sukuk Ijarah Berkelanjutan I Kereta Api Indonesia Tahap I Tahun 2022 Seri A-B Ke-2 (dua) sebesar Rp38,309 miliar pada Jumat, 3 Februari 2023.

 

Pada saat penerbitan Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) Obligasi dan Sukuk Ijarah PT Kereta Api Indonesia (Persero) Tahap I 2022 diminati investor. Bahkan mendapatkan kelebihan permintaan atau oversubscribed sebanyak 2,3 kali.

 

KAI mencatat jumlah permintaan dari investor mencapai Rp 4,6 triliun. KAI telah melakukan penawaran umum pada Selasa 2 Agustus 2022 lalu untuk Obligasi Berkelanjutan I KAI Tahap I/2022 senilai Rp1,5 triliun.

 

Lalu Sukuk Ijarah Kereta Api Indonesia Tahap I/2022 senilai Rp500 miliar. Obligasi dan Sukuk KAI terbagi menjadi 2 seri di mana seri A berjangka waktu 5 tahun dengan kupon 7,1 persen dan seri B jangka waktu 7 tahun dengan kupon sebesar 8 persen.

 

Saat itu, VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, respon investor terhadap penawaran yang KAI lakukan sangat menggembirakan. Hal tersebut menunjukkan tetap tingginya kepercayaan masyarakat terhadap kinerja KAI yang terus berinovasi untuk bangkit lebih cepat dan lebih baik di masa pandemi Covid-19 dan di masa yang akan datang.

 

Pada Semester I 2022, KAI berhasil meningkatkan kinerja perusahaan sehingga dapat membalik kerugian menjadi keuntungan. Pada Semester I 2022 KAI mencatat laba bersih sebesar Rp740 miliar, atau tumbuh 254 persen dibanding Semester I 2021 yaitu rugi bersih Rp480 miliar.

 

"Dana Obligasi ini akan digunakan untuk refinancing obligasi I tahun 2017 seri A, pengembangan angkutan batu bara Sumatera bagian selatan, dan pengadaan sarana KA Bandara Internasional Adi Soemarmo (BIAS)," ujarnya mengutip keterangan resmi, Jumat (12/8/2022).

 

KAI melakukan diversifikasi pendanaan baik melalui lembaga keuangan bank maupun non-bank. Dana Obligasi dan Sukuk ini akan KAI gunakan sebaik mungkin dalam rangka peningkatan angkutan kereta api, terutama angkutan barang serta angkutan penumpang.