EmitenNews.com - Konsekuensi atas terpilihnya Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden 2024 dari PDI Perjuangan, semua kader harus memperjuangkan kemenangannya. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menugaskan Ketua DPP PDIP Puan Maharani, dan Prananda Prabowo, dan seluruh jajarannya untuk memenangi pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif (Pileg) 2024. PDIP resmi mengusung Gubernur Jawa Tengah itu, sebagai capres 2024-2029. 

 

"Saya memberikan mandat kepada Mbak Puan untuk membentuk tim yang dibutuhkan guna memenangkan pilpres dan pileg tahun 2024," ujar Megawati Soekarnoputri saat mengumumkan penunjukan Ganjar Pranowo itu, di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023). 

 

Megawati juga memerintahkan Puan Maharani untuk bertemu secara rutin dengan Presiden Joko Widodo, dan berdialog dengan para ketua umum partai politik lainnya. PDIP digadang-gadang masuk dalam koalisi besar yang berisikan sebagian besar partai politik pendukung pemerintahan Presiden Jokowi-Wapres Ma'ruf Amin.

 

Kepada Prananda Prabowo, Megawati memerintahkan untuk melakukan monitoring terhadap dinamika politik nasional dalam rangka pemenangan Pemilu 2024. Lalu, kepada seluruh simpatisan dan kader PDIP diminta segera bergerak dan bekerja keras memenangkan Pemilu 2024. 

 

"Saya perintahkan sebagai ketua umum partai untuk segera bergerak dan bekerja keras turun ke bawah menyapa akar rumput memenangkan Pemilu 2024. Segera kibarkan bendera banteng moncong putih nomor 3 di rumah kalian masing-masing. Bukalah posko gotong-royong dan jagalah bendera moncong putih sebagai lamban semangat dan energi perjuanganmu," ujarnya lagi. 

 

Dari Istana Batutulis Bogor, Megawati secara resmi mengumumkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk maju dalam pemilihan Presiden 2024-2029. Selain  Presiden Joko Widodo, juga hadir para petinggi PDIP, dan tentu saja Ganjar Pranowo. ***