EmitenNews.com - Survei Konsumen Bank Indonesia pada November 2022 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap terjaga. Hal tersebut terindikasi dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) November 2022 yang kuat sebesar 119,1 serta tetap berada pada area optimis (>100).


Angka IKK November 2022 Yang sebesar 119,1 ini turun tipis dibanding posisi bulan sebelumnya. Pada Oktober 2022 Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) tercatat sebesar 120,3.


Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Erwin Haryono, mengatakan terjaganya optimisme konsumen pada November 2022 ditopang oleh tetap kuatnya Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) maupun Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE).


"Ekspektasi konsumen ke depan tetap kuat, ditopang terutama oleh ekspektasi penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja," kata Erwin dalam siaran persnya.


Sementara itu, IKE tercatat masih pada area optimis meski sedikit menurun, sejalan dengan penurunan indeks penghasilan saat ini, ketersediaan lapangan kerja, maupun pembelian barang tahan lama.(fj)