EmitenNews.com - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) tengah mencermati pergerakan dan pola transaksi Saham PT MPX Logistics International Tbk (MPXL). Pasalnya terjadi peningkatan harga  di luar kebiasaan (Unusual Market Activity). 


BEI dalam pengumuman bursa pada Rabu (19/10) menyampaikan bahwa Informasi terakhir mengenai MPXL  adalah informasi tanggal 11 Oktober 2023 yang dipublikasikan melalui website Bursa tentang laporan bulanan registrasi pemegang efek.

 

Emiten penyedia jasa transportasi dan logistik tersebut hingga  penutupan sesi I perdagangan, Kamis (19/10)  Saham PT MPX Logistics International Tbk (MPXL) melemah -2,18% atau turun -6 point ke harga Rp268 per saham.

 

Saham MPXL  bergerak dari batas bawah di level 252 hingga batas atas di level 288, dengan volume perdagangan 951.055 lot, dan nilai transaksi mencapai Rp25,7 miliar.

 

Sementara manajemen MPXL pada hari ini mengumumkan bakal menebar dividen interim Rp2 miliar setara 47 persen dari koleksi laba bersih medio 2023 sejumlah Rp4,34 miliar. Setiap pemegang saham perseroan akan menerima santunan dividen tunai Rp1 per eksemplar. 

 

Sehubungan dengan terjadinya UMA atas perdagangan saham MPXL, BEI meminta para investor untuk memperhatikan jawaban perusahaan tercatat atas permintaan konfirmasi bursa, tulis Kadiv. Pengawasan Transaksi BEI, Yulianto Aji Sadono.

 

Selain itu, Bursa juga menghimbau agar para investor mencermati kinerja perusahaan tercatat dan keterbukaan informasinya, serta mengkaji kembali rencana corporate action perseroan apabila belum mendapatkan persetujuan RUPS, dan mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari sebelum melakukan pengambilan keputusan investasi.