EmitenNews.com - PT United Tractors (UNTR) meminjami entitas usaha Rp50 miliar. Fasilitas itu diberikan melalui PT United Tractors Pandu Engineering (UTPE) kepada PT Triatra Sinergia Pratama (Triatra). Teken transaksi afiliasi itu, telah dilakukan pada 28 Juli 2022.


Sara K Loebis Corporate Secretary United Tractors menyebut berdasar perjanjian, UTPE memberi pinjaman kepada Triatra senilai Rp50 miliar. ”Dana tersebut akan digunakan Triatra sebagai modal kerja,” tulis Sara.


Pinjaman tersebut dibanderol bunga JIBOR + 2,25 persen per tahun, dan ketersediaan dana 1 tahun sejak tanggal perjanjian. UTPE merupakan anak usaha perseroan dengan kepemilikan saham 99,99 persen. Sedang Triatna anak usaha tidak langsung perseroan melalui UTPE.


Di samping itu, ada kesamaan manajemen. Di mana, Loudy Irwanto Ellias sebagai Direktur United Tractors dan juga Presiden Komisaris UTPE. Selanjutnya, David sebagai Direktur UTPE juga Direktur Triatra.


Secara bisnis, pinjaman tersebut bagi Triatra akan lebih menguntungkan. Pasalnya, pinjaman tersebut diperoleh dari UTPE dibanding pihak lain. Transaksi itu, bukan masuk ranah material sesuai regulasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Itu karena nilai transaksi tidak memenuhi threshold dalam POJK No. 17/POJK.04/2020. (*)