EmitenNews.com - Rachmat Gobel mengajak Qatar berinvestasi di sektor pertanian dan pangan hingga pariwisata di Indonesia. Wakil Ketua DPR RI Bidang Koordinasi Industri dan Pembangunan (Korinbang) itu, melakukan kunjungan ke Qatar, Rabu (11/5/2022), bersama sejumlah anggota DPR. Pihak Qatar menyambut hangat kunjungan itu.


"Akibat perubahan iklim dan juga makin seringnya dunia dilanda pandemi Covid-19 maupun persaingan global, sektor pertanian dan pangan pada umumnya akan menjadi hal strategis. Kami mengundang Qatar untuk investasi di Indonesia," kata Rachmat Gobel saat berdialog dengan Wakil Ketua DPR Qatar Hamda binti Hassan Al Sulaiti, yang juga dihadiri Duta Besar Indonesia untuk Qatar Ridwan Hassan.


Dalam keterangannya yang dikuti Kamis (121/5/2022), Rachmat Gobel mengemukakan, investasi pertanian dan pangan akan memberikan dampak luas bagi masyarakat karena menyerap tenaga kerja yang besar dan membantu mengurangi kemiskinan. "Pada sisi lain menyediakan pangan bagi dunia merupakan misi kemanusiaan yang sangat penting dalam membangun perdamaian dunia.


Kepada pihak Qatar, Rachmat Gobel juga memaparkan bahwa Pemerintah Indonesia memiliki program membangun food estate atau lumbung pangan di sejumlah wilayah di Indonesia. Hal itu sejalan dengan konsep Presiden Joko Widodo membangun membangun ekonomi dari pinggiran atau dari desa.


“Meski begitu, pembangunan pertanian dan pangan ini harus terintegrasi dalam industri pangan dan bersifat modern agar tercipta ekosistem pangan yang berkelanjutan,” kata mantan Menteri Perdagangan itu.


Rachmat Gobel juga meminta Qatar terus berinvestasi di bidang pariwisata yang banyak melibatkan tenaga kerja serta menggerakkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia.


Pada kesempatan yang sama Wakil Ketua DPR Qatar Hamda Binti Hassan Al Sulaiti menyampaikan Qatar telah berinvestasi di bidang telekomunikasi dan pariwisata Indonesia. Perempuan bergelar doktor lulusan Mesir itu, menilai Indonesia memiliki potensi pariwisata yang cocok untuk menjadi tujuan investasi negaranya.


Hamda Binti Hassan Al Sulaiti juga menyampaikan aspirasi masyarakat Qatar yang ingin kemudahan untuk ke Indonesia. Selama ini, Indonesia menjadi destinasi favorit warga negara Qatar. Tetapi, mereka mengeluhkan antre saat di bandara.


Dalam kunjungan ke Qatar itu, Rachmat Gobel didampingi sejumlah anggota DPR. Antara lain yaitu Ketua Komisi VII Sugeng Suparwoto, Ketua Komisi VI Faisol Riza, Wakil Ketua Komisi VI Martin Manurung. Juga ada tiga anggota Komisi XI yaitu Heri Gunawan, Charles Meikyansyah, dan Fauzi Amro. Mereka ditemani Duta Besar Indonesia untuk Qatar Ridwan Hassan. ***