EmitenNews.com - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga meminta pelaku usaha jasa meningkatkan ekspor dengan memanfaatkan segala akses yang dihasilkan dari perjanjian perdagangan internasional. Kementeriannya akan terus berupaya menghasilkan perjanjian perdagangan jasa agar dapat dimanfaatkan para penyedia jasa.


Hal itu dikemukakan Wamendag dalam diskusi kelompok terpumpun (focus group discussion/FGD) Pemahaman dan Pemanfaatan Hasil Perundingan Perdagangan Jasa, di Hotel Sutan Raja, Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara.


"Diharapkan perjanjian perdagangan jasa ini dapat mendorong pemanfaatan akses pasar jasa, khususnya di Kabupaten Minahasa Selatan," kata Jerry.


Jerry mengatakan Indonesia menjalin beberapa perjanjian perdagangan dengan negara-negara mitra untuk meningkatkan efektivitas perdagangan di tengah perlambatan ekonomi.


Perjanjian perdagangan diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam menciptakan pasar baru untuk meningkatkan ekspor, termasuk ekspor jasa.


Menurut dia, Kabupaten Minahasa Selatan diharapkan dapat berpartisipasi dalam memanfaatkan perjanjian perdagangan yang dimiliki oleh Indonesia dengan negara mitra secara maksimal.


Hal itu bertujuan agar pelaku usaha dapat menjangkau pasar luar negeri yang lebih luas, sehingga pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Minahasa Selatan dan Indonesia secara luas turut meningkat.(*)