EmitenNews.com - Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menjadi salah satu pionir pengembangan ekosistem rantai nilai halal secara nasional. Menurut Wakil Presiden Ma'ruf Amin, hal itu tercermin dari aktivitas Kawasan Bintan Inti Halal Hub di Kabupaten yang telah mampu mengekspor produk halal, seperti coconut ke berbagai negara di dunia.

"Fasilitasi pendampingan dan kurasi produk halal UMKM juga giat dilakukan di Kepri," kata Wapres Ma'ruf Amin saat membuka Kepulauan Riau Ramadhan (KURMA) Fair 2024 di Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang, Jumat (15/3/2024).

Bagusnya lagi, dukungan sektor keuangan syariah kepada UMKM di Kepri terus meningkat. Hal itu berjalan melalui peran Bank Pembangunan Daerah (BPD) Riau Kepri Syariah maupun proses transformasi koperasi konvensional menjadi berbasis syariah.

Peta jalan transformasi Kepri juga menjadi salah satu proyek percontohan transformasi ekonomi yang lebih inklusif dan berkelanjutan, sejalan dengan prinsip syariah.

Dengan berfokus pada industrialisasi produk halal berorientasi ekspor dan pengembangan pariwisata ramah Muslim, Wapres meyakini, ekonomi halal dapat berperan sebagai game changer dan akselerator dalam transformasi ekonomi di Kepri. ***