EmitenNews.com - Waskita Karya (WSKT) memperkuat modal entitas usaha Rp462,61 miliar. Suntikan modal itu dilakukan melalui PT Waskita Toll Road (WTR). Caranya, WTR menyerap 461.619 saham yang diterbitkan Waskita Sriwijaya Tol (WST).


Transaksi itu, dilatari untuk memenuhi kebutuhan pendanaan WST. Dengan adanya peningkatan modal itu, WST diharap dapat memaksimalkan kinerja usaha, dan diharap memberi nilai tambah bagi perseroan sebagai pemegang saham WTR.


Manajemen Waskita Karya menyebut transaksi tersebut bukan transaksi benturan kepentingan sebagaimana dimaksud dalam peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Transaksi ini juga sudah melalui tahap pemeriksaan wajar, sepanjang pengetahuan, dan keyakinan.


Menyusul transaksi tersebut, kepemilikan saham WTR di WST mencapai 3,33 juta lembar setara 99,67 persen dengan nilai nominal Rp3,33 triliun. WTR merupakan anak usaha Waskita Karya bergerak bidang pembangunan, pengusahaan, pengoperasian, dan pengelolaan jalan tol. WTR juga mengelola beberapa infrastruktur baik secara langsung maupun melalui anak usaha.


Sementara WST, anak usaha WTR bergerak bidang pembangunan, pengusahaan, dan pengelolaan jalan tol. WST juga merupakan pemborong bangunan dan kontraktor umum berperan sebagai perencana, pelaksana, pengawasan maupun penyelenggara konstruksi jalanan, dan pemeliharaan jalan tol.


Lalu, WST juga memiliki kegiatan usaha berkenaan dengan jalan tol termasuk penggunaan ruang milik jalan tol untuk usaha lain berhubungan dengan operasional jalan tol. Kemudian ada penyelenggaraan kegiatan usaha lain untuk menunjang kegiatan WST. (*)