EmitenNews.com - PT Waskita Beton Precast Tbk. (WSBP) mencatatkan nilai kontrak baru sebesar Rp1,03 triliun pada kuartal I/2024, menunjukkan pertumbuhan sebesar 137,57% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Nilai ini juga telah mencapai 40% dari target nilai kontrak baru pada tahun ini.

Vice President of Corporate Secretary WSBP, Fandy Dewanto, menyatakan bahwa kenaikan nilai kontrak baru terutama didominasi oleh segmen jasa konstruksi yang mencapai Rp432,28 miliar. 

Sementara itu, perolehan nilai kontrak baru dari sektor readymix mencapai Rp383,10 miliar atau 37,34%, dan sektor precast menyumbang Rp207,97 miliar.

Fandy menjelaskan bahwa perseroan telah mengimplementasikan strategi pemasaran ke eksternal untuk mendapatkan proyek-proyek baru. Strategi ini melibatkan penyusunan portofolio strategi produk, penguatan posisi merek, serta pengembangan kemampuan dalam penjualan dan pemasaran. 

Hal ini menyebabkan peningkatan porsi pasar eksternal mencapai dua kali lipat dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Beberapa proyek besar yang dikerjakan oleh WSBP meliputi pembangunan container yard dan infrastruktur pendukung terminal peti kemas Batu Ampar Batam, pembangunan tembok penahan Jembatan Enim 1 dan 2, proyek Jalan Tol Serang – Panimbang Seksi III, pembangunan Jalan Tol Probolinggo Banyuwangi Paket 3, dan proyek Nusantara International Convention and Exhibition district 18 PIK 2.

WSBP memiliki 5 area penjualan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, memudahkan dalam memperoleh proyek-proyek baru dan menjangkau pasar eksternal untuk mendapatkan calon pelanggan baru.

Fandy menambahkan bahwa WSBP akan terus mengimplementasikan program transformasi bisnis untuk memperkuat strategi perolehan kontrak baru pada pangsa pasar eksternal, serta mulai menjajaki pasar luar negeri, khususnya di Asia Tenggara.