EmitenNews.com—PT PP Tbk (PTPP) mengumumkan bahwa perseroan dengan 5 BUMN lainnya telah membentuk perusahaan patungan bernama PT Karya Logistik Nusantara pada 2 Februari 2023.

 

Bersama PTPP, BUMN lainnya yang mendirikan joint venture itu adalah PT Hutama Karya, PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), PT Adhi Karya Tbk (ADHI), PT Brantas Adipraya, dan PT Nindya Karya.

 

Namun, tak ada nama PT Waskita Karya Tbk (WSKT), yang juga BUMN sektor konstruksi, dalam usaha patungan baru ini.

 

"Modal dasar usaha patungan sebesar Rp 340 miliar dan modal yang telah ditempatkan dan disetor sebesar Rp 85 miliar," jelas Sekretaris Perusahaan PTPP Bakhtiyar Efendi dalam keterbukaan informasi, Senin (6/2/2023).

 

PTPP, Hutama Karya, ADHI, dan WIKA masing-masing menggenggam 15% saham Karya Logistik Nusantara. Sedangkan Brantas dan Nindya sebanyak 12,5% saham.

 

"PT Karya Logistik Nusantara adalah bergerak di bidang industri beton pracetak dan perdagangan material konstruksi, pergudangan, dan kepelabuhan," terang Bakhtiyar.

 

Dia menambahkan, pernyertaan saham PTPP di PT Karya Logistik Nusantara dicatat dalam buku perseroan sebagai penyertaan dalam perusahaan asosiasi.

 

"Pembentukan usaha patungan ini turut menunjang kegiatan usaha perseroan di mana perseroan akan memperoleh recurring income dari pernyataan tersebut sehingga memperkuat keuangan perseroan," paparnya.

 

"Tidak ada dampak hukum dan tidak akan mempengaruhi kelangsungan usaha perseroan," imbuhnya.