EmitenNews.com -  Fitch Ratings telah mengafirmasi peringkat perusahaan garmen yang berbasis di Indonesia PT Pan Brothers Tbk. Fitch juga telah mengafirmasi senior unsecured notes Pan Brothers senilai USD171 juta, yang diterbitkan oleh PB International BV, di 'C' dengan Recovery Rating di 'RR4'. Pada saat yang sama, Fitch Ratings Indonesia telah mengafirmasi Peringkat Nasional Jangka Panjang Pan Brothers di 'RD(idn)'.

 

Peringkat Nasional 'RD' menunjukkan emiten yang, menurut pendapat Fitch, telah mengalami gagal bayar yang tidak dapat disembuhkan atas obligasi, pinjaman atau kewajiban keuangan material lainnya tetapi belum masuk ke dalam pengajuan pailit, administrasi, kurator, likuidasi atau penutupan formal lainnya. prosedur, dan tidak menghentikan bisnis.

 

"Peringkat 'RD' Pan Brothers mencerminkan gagal bayar tanpa jaminan dari pinjaman sindikasi dan surat utang senior tanpa jaminan," tulis Fitch Ratings dalam pemeringkatannya belum lama ini.

 

Restrukturisasi yang Sedang Berjalan: Pan Brothers masih dalam proses restrukturisasi senior unsecured notes sebesar USD171 juta dan pinjaman sindikasi sebesar USD138 juta. Perusahaan dan pemegang surat utang telah sepakat untuk merestrukturisasi surat utang senior tanpa jaminan di bawah skema pengaturan, yang disetujui oleh Pengadilan Tinggi Singapura pada 17 Januari 2022. Pan Brothers mengharapkan restrukturisasi akan dilaksanakan pada akhir Maret 2022 setelah kondisi yang relevan terpenuhi. bertemu. Ini termasuk pengakuan skema di Pengadilan Kepailitan AS.

 

Pada saat yang sama, Pan Brothers sedang mengerjakan amandemen dan penyajian kembali fasilitas pinjaman sindikasinya, serta bernegosiasi dengan pemberi pinjaman untuk fasilitas modal kerja. Pemegang saham akan diminta untuk menyuntikkan USD50 juta ke perusahaan, tonggak penting untuk restrukturisasi pinjaman sindikasi.

 

Arus Kas Negatif dari Operasi: Arus kas Pan Brothers dari operasi (CFO) sangat dipengaruhi oleh kebutuhan modal kerja yang besar. CFO-nya tetap di negatif USD13 juta pada 9M21 karena investasi inventaris yang besar yang tidak dapat dikirimkan karena masalah logistik yang didorong oleh pandemi. Kami percaya ini bisa menjadi pengurasan arus kas perusahaan, yang dapat mengurangi keberlanjutan operasinya dalam jangka panjang.

 

ESG - Tata Kelola: Pan Brothers memiliki Skor Relevansi ESG 5 untuk Strategi Manajemen. CFO positif yang berkelanjutan bergantung pada pengembangan dan implementasi strategi Pan Brothers dalam hal pengelolaan modal kerja. Risiko pelunasan utang dan pembiayaan kembali juga bergantung pada jatuh tempo akhir dan jadwal amortisasi setelah penyelesaian restrukturisasi utang.

 

Pan Brothers saat ini sedang mengkaji ulang semua syarat pembayarannya dengan pembeli dan pemasoknya untuk meningkatkan modal kerja. Hal ini juga menjajaki jalan pembiayaan lain untuk mendukung modal kerja dan diversifikasi konsentrasi pada pinjaman bank.