EmitenNews.com - Perekonomian nasional bergerak positif atas rencana pertandingan sepak bola FIFA Matchday Indonesia vs Argentina. Dari gawean itu, yang mendapat animo tinggi masyarakat itu, diyakini memberikan dampak positif kepada perekonomian Indonesia. Perputaran uangnya diperkirakan hampir mencapai Rp1 triliun, tepatnya Rp965 miliar. Dengan besaran itu, fee untuk mendatangkan tim Argentina kurang lebih Rp75 miliar, praktis tertutupi.

 

Peneliti Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI), Yusuf Reza Kurniawan, Mohamad Dian Revindo, dan Calista Endrina Dewi, dikutip Minggu (18/6/2023), mengungkapkan, FIFA Matchday Indonesia vs Argentina berpotensi menciptakan tambahan perputaran uang (output ekonomi) bagi perekonomian Indonesia sekitar Rp965 miliar. 

 

"FIFA Matchday membuka peluang Indonesia memperbaiki citra, menjaga antusiasme masyarakat, sekaligus menciptakan manfaat ekonomi guna mendukung pengembangan industri sepak bola di dalam negeri," tulis Peneliti LPEM FEB UI, Yusuf Reza Kurniawan, Mohamad Dian Revindo, dan Calista Endrina Dewi.

 

Dari situ diperkirakan tercipta nilai tambah ekonomi (Produk Domestik Bruto) sebesar Rp495 miliar. Dari nilai tambah ekonomi tersebut pula akan tercipta pula tambahan pendapatan rumah tangga pekerja Rp188 miliar. FIFA Matchday tersebut juga berpotensi menyumbang penerimaan pajak tidak langsung bagi pemerintah Rp28 miliar. Terdapat pula potensi penciptaan kesempatan kerja sampai 5.719 orang. 

 

LPEM FEB UI mencatat, sektor yang akan terdampak langsung dari pertandingan tersebut adalah penyediaan makanan dan minuman sebesar Rp249,70 miliar. Kemudian, jasa kesenian, hiburan dan rekreasi sebesar Rp236,58 miliar. 

 

"Dari aspek ekonomi, potensi dampak positif dari FIFA Matchday dapat melampaui biaya yang dikeluarkan untuk mendatangkan Timnas Argentina," kata para peneliti.

 

Match fee yang dibayarkan Indonesia demi bertanding melawan timnas Argentina disebut-sebut sebesar USD5 juta, atau sekitar Rp75 miliar (kurs Rp15.000).

 

Seperti sudah ditulis, Timnas Argentina sudah tiba di Indonesia. Juara Dunia Qatar itu bahkan sudah berlatih perdana dalam mempersiapkan pertandingan machday melawan timnas Indonesia. Kedua tim akan bertanding dalam laga FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Senin (19/6/2023).

 

Pasukan Lionel Scaloni yang menumpangi pesawat jenis Airbus A330-343 dari Beijing itu, mendarat di Bandara Soekarno Hatta Jakarta, Tangerang, Jumat (16/6/2023) malam sekitar pukul 22.00 WIB. Kedatangan mereka disambut langsung oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Wakil Ketua PSSI, Zainudin Amali dan Exco, Arya Sinulingga, dan sejumlah pengurus PSSI, dan para exco lainnya. ***