Selain mengikuti program 5R, UD Dian Bersaudara juga mengikuti berbagai program pembinaan. Antara lain pelatihan & pendampingan Pembukuan Sederhana, Fasilitasi Pembiayaan kolaborasi YDBA bersama FIFGROU dan program lainnya.


Melalui berbagai pembinaan yang diikutinya, kini UD Dian Bersaudara memiliki berbagai kompetensi. Antara lain 5R, penggunaan alat ukur, desain proses cangkul sederhana, pengelasan, penggerindaan, dan pembuatan komponen / alat produksi pande besi.


Selain mengikuti program 5R, UD Dian Bersaudara juga mengikuti berbagai program pembinaan, antara lain pelatihan & pendampingan Pembukuan Sederhana, Fasilitasi Pembiayaan kolaborasi YDBA bersama FIFGROU dan program lainnya. 

 

Abon Ksatria 

Abon Ksatria merupakan salah satu UMKM kuliner binaan YDBA yang berlokasi di Solo. Usaha yang berdiri pada tahun 2001 oleh Tri Rahayu Amperawati itu, membawa misi memperkenalkan oleh-oleh khas Solo kepada masyarakat luas, baik dari dalam maupun luar daerah.


Saat ini produk unggulan yang diproduksi oleh Abon Ksatria, antara lain Abon Sapi, Abon Ayam, Serundeng, Dendeng Sapi dan Kremes Kaldu Ayam. Selain memasarkan produk secara offline melalui toko yang berlokasi sama di tempat produksinya, Abon Ksatria juga mengoptimalkan pasar online untuk meningkatkan omsetnya.


Terbukti 60% pelanggannya saat ini dari pasar online yang mayoritas berlokasi di Jabodetabek, Kalimantan, Sumatera dan Bali. Saat ini produk Abon Ksatria juga dipasarkan di salah satu rest area milik Astra, yaitu RESTA Pendopo 456 di Salatiga.


Dipasarkannya di area tersebut, dengan harapan agar produk dapat dikenal luas dan bisa menjadi salah satu produk favorit pengunjung untuk dijadikan oleh-oleh. Sejak tahun 2018 hingga saat ini, Abon Ksatria mengikuti berbagai program pembinaan yang diselenggarakan YDBA, seperti Pelatihan Basic Mentality, Pelatihan dan Pendampingan 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin), Pelatihan Personal Branding dan lainnya.


Melalui YDBA, Abon Ksatria juga mendapatkan kesempatan mengikuti kompetisi 5R yang diselenggarakan YDBA pada tahun 2022. Melalui kompetisi tersebut, Abon Ksatria berhasil meraih penghargaan sebagai UMKM Kuliner dengan 5R Terbaik pada tahun 2022. (Eko Hilman). ***