EmitenNews.com - Bursa Efek Indonesia (BEI) pada besok Jumat (5/1) secara serempak akan mencatatkan perdana saham atau listing 4 emiten baru yakni - PT Jobubu Jarum Minahasa Tbk (Kode saham: BEER), PT Mitra Tirta Buwana Tbk (Kode saham: SOUL), PT Data Sinergitama Jaya Tbk (Kode saham: ELIT) dan PT Citra Buana Prasida Tbk (Kode saham: CBPE)


Keempat emiten tersebut merupakan sebagai perusahaan tercatat ke-1, 2, 3 dan 4 di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2023.


PT Jobubu Jarum Minahasa (BEER) Perusahaan minuman beralkohol (minol) dengan  brand  Cap Tikus, mematok harga perdana sebesar Rp220 per lembar. Menjajakan 800 juta saham baru, perseroan akan meraup dana Rp176 miliar. Saham bernominal Rp 10 per helai itu, setara maksimal 20 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh perseroan.


Dana hasil IPO antara lain 5,36 persen atau Rp9,25 miliar untuk belanja barang modal berupa tanah, sekitar 6,23 persen atau Rp10,74 miliar untuk pembangunan fasilitas produksi, dan sisanya sebagai modal kerja perseroan untuk mendukung kegiatan usaha.


Bertindak sebagai Penjamin Emisi Efek UOB Kay Hian Sekuritas (AI)


Kemudian PT Mitra Tirta Buwana Tbk (SOUL) produsen air minum keemasan dengan merek Hexsoul mematok harga perdana sebesar Rp110 per saham. SOUL melepas sebanyak 270 juta saham biasa atas nama, atau Sebanyak 24,94% dengan nilai nominal Rp 20,- setiap saham. Sehingga dana yang bakal diraup dari IPO ini sebesar Rp29,7 miliar.


Bersamaan dengan Penawaran umum, Perseroan berencana menerbitkan sebanyak 67,5 juta Waran Seri I yang menyertai Saham atau 8,31% dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh.


Bertindak sebagai penjamin pelaksana efek PT Shinhan Sekuritas Indonesia dan PT Wanteg Sekuritas.



Selainjutnya PT Data Sinergitama Jaya Tbk (ELIT) mematok harga Harga Penawaran perdana sebesar Rp120 setiap saham melepas Sebanyak 500 juta saham baru atau 24,61% dari modal ditempatkan dan disetor penuh dalam Perseroan pada nilai nominal Rp25 per saham.


Calon emiten perusahaan Bidang Usaha Penyedia Layanan (managed service) di Bidang Teknologi Informasi (Cloud) tersebut bakal meraup dana IPO sebanyak Rp60 milliar. ELIT juga menerbitkan sebanyak 250 juta) Waran Seri I atau sebanyak 16,32% dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh. Waran Seri I diberikan secara cuma-cuma.


Bertindak Penjamin Pelaksana Emisi Efek dan Penjamin Emisi Efek  PT NH Korindo Sekuritas Indonesia.



Terakhir  PT Citra Buana Prasida Tbk (CBPE) melakukan penawaran umum perdana pada harga Rp150 per lembar, melepas Sebanyak 271.250.000 saham biasa pada Nilai Nominal Rp100 setiap saham atau mewakili 20,00% dari jumlah seluruh modal ditempatkan dan disetor penuh. Dari IPO ini perusahaan Bergerak di bidang real estat dan property akan meraup dana sebesar Rp40.687.500.000.


Bersamaan dengan Penawaran Umum Perdana Saham ini, CBPE menggelar Program Alokasi Saham Karyawan atau Employee Stock Allocation (ESA) sebanyak 120.000 saham atau sebanyak 0,04% dari Saham Yang Ditawarkan dalam Penawaran Umum, dengan Nilai Nominal sebesar Rp100. Harga pelaksanaan Program ESA adalah sama dengan Harga Penawaran sebesar Rp150 per saham.


Bertindak sebagai penjamin pelaksana Emisi Efek PT Panin Sekuritas Tbk.(PANS)