EmitenNews.com - Pada penutupan perdagangan sesi pertama Senin (22/1), terjadi transaksi saham PT Astra International Tbk (ASII) dengan nilai mencapai Rp1,56 triliun di pasar negosiasi. 

Data perdagangan menunjukkan bahwa volume perdagangan mencapai 3,07 juta lot atau setara dengan 307,43 juta lembar saham, dengan harga rata-rata transaksi sebesar Rp5.097 per saham. Meskipun demikian, harga tersebut tercatat lebih rendah daripada pergerakan saham ASII di pasar reguler yang berkisar antara Rp5.250-Rp5.425 hingga pukul 14:14 waktu JATS.


Dengan memperhatikan kesamaan volume beli dan volume jual, transaksi ini kemungkinan besar merupakan crossing saham atau transaksi tutup sendiri. Crossing saham adalah kesepakatan dua pihak yang difasilitasi oleh anggota bursa (sekuritas) yang sama. Kode broker yang memfasilitasi perdagangan ini masih ditutup selama jam aktif bursa, dan akan terungkap setelah perdagangan selesai.

Pada sesi kedua perdagangan hingga pukul 15.15 waktu JATS, saham ASII mengalami koreksi sebesar 1,40% menjadi Rp5.275 per saham.