EmitenNews.com - PT Adhi Karya (ADHI) mendapat restu menerbitkan right issue maksimum 7,12 miliar lembar. Penerbitan saham seri B itu dibanderol nilai nominal Rp100 per lembar. Aksi korporasi itu, akan disesuaikan dengan kebutuhan dana perseroan.


Sebagai tindak lanjut persetujuan right issue tersebut, Adhi Karya melakukan penambahan modal dasar melalui perubahan anggaran dasar dengan tujuan untuk menjaga saham portepel. Selain itu, perubahan anggaran dasar tersebut juga mencakup penyesuaian klasifikasi baku lapangan usaha indonesia (KBLI) 2020. 


Penyesuaian terhadap KBLI 2020 merupakan bentuk integrasi dan sinkronisasi data lapangan usaha Indonesia. Perubahan KBLI itu, diharap memberi kemudahan Adhi Karya dalam perizinan untuk menjalankan keseluruhan bisnis (ease of doing business). Itu untuk meningkatkan kapasitas, dan pengembangan usaha melalui proyek sesuai lini bisnis perseroan.


Dengan demikian, kinerja menjadi lebih efektif dan efisien. Selanjutnya, juga untuk mendukung percepatan pembangunan proyek strategis nasional (PSN), sehingga dapat memberikan dampak berantai secara luas dari pembangunan (multiplier effect).


Dana hasil right issue untuk penyelesaian rencana alokasi penggunaan dana untuk penyertaan proyek investasi Adhi Karya berupa Jalan Tol, SPAM (Pengelolaan Air), Pengelolaan Limbah, dan Preservasi Jalan. Kalau sebagian atau seluruh dana hasil right issue untuk transaksi transaksi material, afiliasi, dan/atau mengandung benturan kepentingan menurut peraturan berlaku di bidang pasar modal, perseroan akan mematuhi peraturan-peraturan berlaku. (*)