EmitenNews.com - Anang Hermansyah harus menata ulang bisnis uang digitalnya. Pemerintah melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) secara resmi melarang peredaran token ASIX milik musisi, sekaligus produser itu. Melibatkan sejumlah artis, token kripto Anang yang diperdagangkan sejak Januari 2022 itu, cukup mendapat sambutan.


"Selamat siang, dapat kami sampaikan bahwa Token ASIX dilarang untuk diperdagangkan karena tidak termasuk dalam 229 aset kripto yang boleh diperdagangkan dalam transaksi aset kripto di Indonesia sesuai Peraturan Bappebti Nomor 7 tahun 2020. Terima kasih." Demikian pengumuman Bappebti seperti dikutip Kamis (10/2/2022).


Kepada pers, Kamis, Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Pasar Bappebti Tirta Karma mengatakan sesuai peraturan Bappebti Nomor 7 Tahun 2020 terdapat aset kripto yang boleh diperdagangkan. Peraturan yang berlaku sejak 17 Desember 2020 itu, mengatur tentang Penetapan Daftar Aset Kripto yang Dapat Diperdagangkan di Pasar Fisik Aset Kripto.


Sesuai aturan itu aset kripto baru, harus masuk daftar untuk bisa diperdagangkan. Yakni setelah dilakukan penilaian bersama oleh Bappebti dan para pedagang kripto, sesuai kriteria penilaian dan batas nilai dalam peraturan tersebut.Sesuai peraturan Bappebti no 7 tahun 2020 itu, diketahui aset kripto apa saja yang sudah boleh diperdagangkan di pasar fisik aset kripto.


Anang Hermansyah sudah terjun langsung ke dunia kripto melalui proyek Asix Token, yaitu menggunakan teknologi Blockchain dari Binance, selain mengembangkan marketplace Non-Fungible Token (NFT). Marketplace yang direncanakan menyasar pasar Asia itu, akan menggandeng sejumlah artis dalam negeri untuk bisa menjual karyanya melalui Non-fungible Token.


Anang merilis token ASIX pada 27 Januari 2022, dan sontak mendapat sambutan baik oleh sejumlah investor kripto. Sejak dirilis, harga token tersebut dapat dikatakan positif. Token ASIX semakin ramai diperbincangkan, setelah mantan anggota DPR RI itu, menggandeng sejumlah selebriti Tanah Air, seperti Kevin Aprilio, Judika dan Ariel Noah yang ikut meramaikan rilis tokennya.


Anang Hermansyah sempat mengunggah video singkat yang memperlihatkan salah satu musisi Indonesia, Judika yang telah membeli 1 miliar token ASIX.


"Barusan Judika sudah beli. Mana, Jud? Tunjukin, Jud. Judika pegang 1 miliar. Dia belajar pertama kali. Tuh, Judika pegang 1 miliar token," ujar Anang dalam video yang dibagikan lewat akun twitter salah satu netizen @profesor_saham, Selasa (8/2/2022).


Selebriti seperti Ariel Noah, dan arti Titi Kamal, dan kerabat Anang, menantu Anang, Atta Halilintar dan istri Aurel, ikut meramaikan penjualan aset kripto, token ASIX Anang Hermansyah itu. ***