EmitenNews.com - Goto Group (GOTO) hanya mengempit 24,99 persen saham Tokopedia. Itu menyusul TikTok masuk menjadi pengendali Tokopedia dengan porsi 75,01 persen. Goto Group menjamin, kepemilikan saham di Tokopedia tidak akan mengalami dilusi lebih lanjut di masa mendatang.


Para pihak akan memenuhi ketentuan pengambilalihan yang diatur dalam Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang perseroan terbatas sebagaimana diubah dari waktu ke waktu. Nah, detail dampak keuangan soal penyelesaian rencana investasi masih dinilai karena rencana investasi akan selesai pada kuartal pertama 2024. Secara keseluruhan dampak tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut. 


Sebagai bagian dari penyusunan laporan keuangan konsolidasian perseroan tahun 2023, akan dilakukan penelaahan atas dampak transaksi terhadap saldo goodwill terkait Tokopedia. Penilaian itu, kemudian perlu diaudit auditor perseroan, dan hasil audit tersebut akan tercermin dalam laporan keuangan konsolidasian perseroan pada tanggal, dan untuk tahun 2023 akan dipublikasikan kuartal pertama 2024. 


Setelah penyelesaian transaksi dan perubahan pengendalian Tokopedia terjadi dalam kuartal pertama 2024, perseroan akan melakukan dekonsolidasi Tokopedia dalam laporan keuangan konsolidasian sesuai PSAK 65: laporan keuangan konsolidasian. Dekonsolidasi, sesuai standar akuntansi mengharuskan perseroan membalikkan seluruh aset, dan liabilitas terkait Tokopedia dalam laporan posisi keuangan konsolidasian, yang meliputi Goodwill. Kerugian atas dekonsolidasi akan dicatat dalam laporan laba rugi konsolidasian, dan rugi komprehensif lainnya. 


Perseroan akan mencatat sisa 24,99 persen kepemilikan saham Tokopedia sebagai investasi pada entitas asosiasi dengan nilai wajar. Selanjutnya, perseroan akan mencatat investasi di Tokopedia sesuai dengan PSAK 15, investasi pada entitas asosiasi. Pertimbangan Goto Group melepas 75,01 persen saham Tokopedia kepada TikTok Pte Ltd (TikTok) dikaitkan dengan pendapatan dan laba menjadi sebagai berikut.


Pertama, melalui rencana investasi itu, Tokopedia akan diuntungkan dengan mendapat akses secara langsung atas kesempatan live commerce yang sedang bertumbuh dengan pesat. Melalui kerja sama, Tokopedia dan TikTok akan membangun kombinasi bisnis sebagai pemimpin e-commerce, melanjutkan misi pengutamaan mata pencaharian untuk ratusan ribu pelaku UMKM di negara ini. 


Kedua, Tiktok telah berkomitmen untuk memberikan pendanaan untuk Tokopedia. Kekuataan global dan finansial TikTok menjadi sangat penting dalam mendukung upaya tersebut di tengah dinamika persaingan yang terus berkembang, seiring dengan kembali berkembangnya Tokopedia (sebagaimana disebutkan dalam paparan kinerja (earnings call) kuartal terakhir Perseroan). 


Perlu ditekankan, perseroan akan tetap memiliki kepemilikan 24,99 persen dari entitas Tokopedia yang tidak akan terdilusi lebih lanjut dikarenakan pendanaan di masa depan dari TikTok. Itu menjadi sangat signifikan karena lingkungan persaingan dalam industri e-commerce masih tidak menentu. Dengan komitmen TikTok dalam pendanaan untuk pertumbuhan di masa depan Tokopedia, perseroan akan mendapat fleksibilitas lebih tinggi untuk mengalokasikan sumber daya dan modal, termasuk kemampuan lebih baik untuk memperbaiki penjualan, beban pemasaran, profitabilitas perseroan, dan anak usaha di masa depan terlepas dari dinamika persaingan di industri e-commerce. 


Ketiga, setelah transaksi diselesaikan, perseroan akan menerima biaya layanan e-commerce. Di mana, itu merupakan biaya secara kuartalan akan dibebankan atas layanan-layanan khusus akan diberikan sesuai persetujuan para pihak. Biaya layanan e-commerce merupakan hasil dari biaya yang disetujui, dengan rentang berdasarkan Gross Merchandise Value (GMV) dari entitas Tokopedia, dikalikan dengan GMV dari Tokopedia setelah mengeluarkan GMV dari digital goods, beberapa high value items tertentu dan item-item tidak termasuk lainnya, akan disepakati para pihak. Biaya layanan e-commerce ini akan secara langsung berkontribusi pada EBITDA perseroan. 


Terakhir, perseroan berkeyakinan ada peluang kolaborasi menarik antara entitas Tokopedia telah diperluas dengan bisnis fintech, dan on-demand perseroan. Salah satunya, perseroan dapat memanfaatkan basis pengguna jauh lebih besar seharusnya mampu mendorong volume pembayaran, pemberian pinjaman, pengiriman perseroan, secara langsung meningkatkan pendapatan, dan laba perseroan.


Detail perjanjian pembelian aset antara Goto Group, Tokopedia, dan TikTok yaitu Tokopedia setuju untuk membeli dari Tiktok kontrak-kontrak bisnis, dan hak eksklusif untuk memiliki dan mengoperasikan TikTok Shop di negara Republik Indonesia dengan harga total pembelian USD340 juta atau setara Rp5,338 triliun (tidak termasuk PPN berlaku) secara tunai.


Persyaratan pendahuluan (Conditions Precedent): penyelesaian rencana pembelian aset akan tunduk pada persyaratan pendahuluan tertentu, termasuk, antara lain, tidak terdapat undang-undang atau tindakan pemerintah berlaku atau telah diambil yang melarang, mencegah, memerintahkan atau membuat penyelesaian dari rencana pembelian aset menjadi ilegal, dan pernyataan dan jaminan diberikan para pihak tetap benar, dan akurat pada tanggal penyelesaian.


Perjanjian pengambilbagian saham pada 10 Desember 2023 dengan ketentuan utama tujuan dan nilai transaksi yaitu, Tokopedia telah setuju menerbitkan saham baru, dan TikTok atau anak usaha yang ditunjuk setuju mengambilbagian atas 38.198.745 saham baru Tokopedia, atau mewakili 75,01 persen dari seluruh modal ditempatkan dan disetor penuh Tokopedia secara terdilusi penuh setelah dikeluarkan saham baru tersebut. Di mana, TikTok harus membayarkan USD840 juta atau setara Rp13,188 triliun.


Persyaratan Pendahuluan (Conditions Precedent). Penyelesaian rencana investasi tunduk pada persyaratan pendahuluan, termasuk, antara lain tidak terdapat undang-undang atau tindakan pemerintah berlaku atau telah diambil melarang, mencegah, memerintahkan atau membuat penyelesaian rencana investasi menjadi ilegal, pernyataan dan jaminan para pihak tetap benar dan akurat pada tanggal penyelesaian, tidak akan terjadi atau ada peristiwa atau kondisi yang, secara masing-masing atau secara agregat, telah atau secara wajar diharapkan memiliki, efek merugikan material, dan masing-masing pihak telah menerima seluruh persetujuan korporasi, izin, persetujuan lain diperlukan sebagaimana berlaku yang memungkinkan pelaksanaan, dan dilakukannya serta pemenuhan kewajiban berdasarkan dokumen transaksi, dan perseroan harus sudah memperoleh laporan penilaian, dan pendapat kewajaran atas transaksi sebagaimana dipersyaratkan berdasar Peraturan OJK mengenai transaksi material.


Dalam kebutuhan pendanaan Tokopedia, TikTok berjanji untuk membayar, melalui satu atau lebih tahapan, dalam jumlah pokok  USD1 miliar. Kewajiban pembayaran berdasarkan Promissory Note itu, akan timbul setelah rencana investasi diselesaikan oleh para pihak. Kerja sama Pra-penyelesaian, sejak penandatanganan perjanjian pengambilbagian saham hingga penyelesaian perjanjian pengambilbagian saham, Goto Group akan memberikan TikTok kerja sama, dan bantuan wajar dalam persiapan penyelesaian, dan integrasi sebagaimana disepakati bersama para pihak terkait, antara lain, keuangan, pajak, sumber daya manusia, sistem, data, properti, produk, dan operasi.


Transisi pasca-penyelesaian. Goto Group setuju memberikan layanan tertentu kepada Tokopedia setelah tanggal pelaksanaan perjanjian pengambilbagian saham, dan selama periode transisi pasca-penyelesaian ditentukan, yaitu satu tahun setelah tanggal penyelesaian dalam hal layanan transisi untuk fungsi pajak, atau enam bulan setelah tanggal penyelesaian, dalam hal layanan transisi lainnya, termasuk dalam, antara lain, dukungan e- commerce, keuangan (termasuk perbendaharaan, pelaporan, dan akuntansi), pemisahan pengguna dan sumber daya manusia Tokopedia.


Hukum mengatur dan penyelesaian sengketa. Perjanjian pengambilbagian saham, dan setiap hak atau kewajiban non-kontraktual timbul dari atau sehubungan dengan perjanjian pengambilbagian saham akan diatur, dan ditafsirkan sesuai hukum Republik Singapura. Setiap sengketa dari perjanjian pengambilbagian saham yang timbul dari atau sehubungan dengan perjanjian pengambilbagian saham harus terlebih dahulu diserahkan kepada para pihak untuk diselesaikan secara damai dengan itikad baik dalam waktu 60 hari sejak pemberitahuan oleh salah satu pihak.